Earth Hour 29 Maret 2014: Tunjukkan Aksimu!

| Sabtu, 29 Maret 2014

Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada Sabtu terakhir pada bulan Maret setiap tahunnya. Kegiatan ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim. Kegiatan yang dicetuskan WWF dan Leo Burnett ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007. Saat itu, 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak diperlukan. Setelah Sydney, beberapa kota di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada Earth Hour 2008.
Earth Hour 2014 akan dilaksanakan pada 29 Maret 2014 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.


Earth Hour adalah kampanye global untuk menganjak semua penduduk bumi baik individu, komunitas, pelaku bisnis, maupun pemerintah kota untuk bersama-sama peduli pada upaya penurunan emisi karbon dioksida yang memicu pemanasan global dan perubahan iklim. Meskipun kampanye earth hour ini utamanya mengajak untuk menghemat listrik dengan mematikan lampu dan peralatan listrik selama satu jam. Namun aksi earth hour sebenarnya bukan sekedar mematikan listrik selama 60 menit. Akan tetapi earth hour juga diselenggarakan untuk:

1. Menyatukan semua orang yang peduli untuk membuat bumi ini nyaman ditinggali
2. Mengajak dan mengembangkan aksi yang mendukung gaya hidup lebih ramah lingkungan.
3. Menciptakan komunitas global dan terus memacu momentum yang mengingatkan orang agar sama-sama berjuang untuk masa depan

Singkatnya, mematikan listrik selama satu jam pada pukul 20.30 s.d. 21.30 di hari Sabtu 29 Maret 2014 hanyalah sebuah permulaan. Selanjutnya, adalah melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan. Gaya hidup yang ramah lingkungan tersebut antara lain:

1. Menggunakan transportasi publik atau bersepeda ke kantor/sekolah atau jalan kaki
2. Mengurangi penggunaan kertas dengan mencetak kertas bolak balik
3. Mengurangi penggunaan tisu
4. Tidak menggunakan Styrofoam
5. Mengurangi penggunaan plastik



Ini Aksiku! Mana Aksimu?



Source

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲