Tipe Kepribadian ISFJ (The Nurturers)

| Sabtu, 06 Juni 2015


“The Nurturers” & “Protector”
A high sense of duty

Tenang, ramah, bertanggung jawab, dan teliti. Berkomitmen dan bersungguh-sungguh dalam memenuhi kewajibannya. Cermat, telaten, dan akurat. Loyal, baik hati, perhatian dan selalu mengingat secara spesifik tentang orang-orang yang penting bagi mereka, peduli dengan perasaan orang lain. Berupaya untuk menciptakan lingkungan yang tertib dan harmonis di tempat kerja maupun di rumah.

ISFJ (Introversion, Sensing, Feeling, Judging) adalah singkatan yang digunakan untuk menyebut salah satu dari 16 Jenis Kepribadian yang dikategorikan dalam Intrumen Tes Kepribadian MBTI (Myers-Birggs Type Indicator). Dalam Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan ISFJ kedalam Temperamen Guardian , diperkirakan populasi ISFJ didunia yakni antara 9–14% dari populasi dunia.

Menurut Keirsey Temperament Sorter, Guardians merupakan jenis pribadi konkrit dan terorganisir. Mencari keamanan dan rasa memiliki, mereka peduli dengan tugas dan tanggung jawab. Kekuatan terbesar mereka adalah logistik. Mereka unggul dalam pengorganisasian, memfasilitasi, memeriksa, dan mendukung.

Menurut Myers-Briggs, ISFJ tertarik untuk menjaga ketertiban dan harmoni dalam setiap aspek kehidupan mereka. Mereka sabar dan teliti dalam menangani tanggung jawab mereka. Meskipun tenang, mereka berorientasi pada orang lain dan sangat jeli. Mereka tidak hanya ingin mengingat rincian tentang orang lain, tetapi mereka mengamati dan menghormati perasaan orang lain. Teman dan keluarga cenderung menggambarkan mereka sebagai sosok bijaksana dan dapat dipercaya.

I – Introversion: cenderung tenang dan pendiam. Mereka umumnya lebih suka berinteraksi intensif hanya dengan beberapa teman dekat daripada dengan memilih dengan banyak orang, dan mereka mengeluarkan energi dalam situasi sosial, dan memperoleh energi saat menyendiri.
S – Sensing: cenderung lebih menyukai hal konkret daripada abstrak. Mereka memusatkan perhatian mereka pada detail daripada gambaran besar, dan realitas langsung daripada kemungkinan masa depan.
F – Feeling: cenderung menghargai pertimbangan pribadi dalam mengambil keputusan. Umumnya mereka sering lebih mengutamakan implikasi sosial daripada logika.
J – Judgment: cenderung untuk merencanakan kegiatan mereka dan membuat keputusan di awal. Mereka mengontrol melalui prediktabilitas.


Gambaran Singkat Kepribadian ISFJ :

ISFJ tertarik dalam menjaga ketertiban dan harmoni dalam setiap aspek kehidupan mereka. Mereka yang sabar dan teliti dalam menangani tanggung jawab mereka. Meskipun tenang, mereka adalah orang-berorientasi dan sangat perhatian. Mereka tidak hanya mengingat detail tentang orang lain, tetapi mereka mengamati dan menghormati perasaan orang lain. Teman dan keluarga cenderung menggambarkan mereka sebagai bijaksana dan dapat dipercaya.

ISFJ paling peduli dengan merawat orang dengan menjaga mereka tetap aman dan aman. Mereka adalah pengasuh sederhana yang tidak menuntut imbalan atau terima kasih atas upaya mereka. Mereka pada dasarnya penuh kasih dan dalam kesabaran lebih dalam ketika berurusan dengan orang-orang berkebutuhan khusus. Mungkin bagi orang yang belum mengenal ISFJ salah membaca mereka sebagai orang yang angkuh.

Hanya di kalangan teman dan keluarga mereka merasa tenang dan nyaman berbicara dengan bebas. ISFJ adalah orang-orang yang serius dengan etika kerja yang kuat, tidak mementingkan diri sendiri. Mereka percaya untuk menjadi cermat dan hemat. Mereka bekerja dengan baik dan menikmati merawat orang lain, mereka tidak suka memberi perintah.


Ciri-Ciri Umum ISFJ :

Para ISFJ umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Seorang yang kaya akan informasi yang mereka kumpulkan mengenai manusia.
  2. Sangat jeli dalam memahami perasaan, dan reaksi orang lain.
  3. Memiliki ingatan yang baik untuk hal-hal rincin yang penting bagi mereka.
  4. Sangat selaras dengan lingkungan sekitar mereka.
  5. Dapat diandalkan untuk mengikuti hal-hal sampai selesai.
  6. Akan bekerja keras, dan dalam waktu yang lama, untuk memastikan pekerjaan mereka mendapatkan hasil yang diinginkan.
  7. Stabil, praktis, bersahaja mereka tidak suka bekerja dengan teori dan pemikiran abstrak.
  8. Tidak suka melakukan hal-hal yang tidak masuk akal bagi mereka
  9. Memegang nilai keamanan, tradisi, dan hidup damai
  10. Berorientasi pada layanan: berfokus pada apa yang orang butuhkan dan inginkan.
  11. Baik dan penuh perhatian.
  12. Cenderung menempatkan kebutuhan orang lain di atas mereka sendiri.
  13. Mereka belajar dengan baik dengan turun tangan langsung.
  14. Senang menciptakan struktur dan ketertiban.
  15. Mereka mengmbil tanggung jawab dengan serius.
  16. Sangat tidak nyaman dengan konflik dan konfrontasi.


Saran Pengembangan :

  1. Lihat lebih dalam, lebih antusias, & lebih semangat.
  2. Belajarlah mengatakan ”tidak”. Jangan menyenangkan semua orang atau Anda dianggap plin plan.
  3. Jangan terjebak zona nyaman dan rutinitas. Cobalah hal baru. Ada banyak hal menyenangkan yang mungkin belum pernah Anda coba.


Kata Kunci :
  • Terorganisir
  • Mempertahankan apa yang telah berhasil
  • Membangun kesepakatan
  • Seorang yang terampil.


Tokoh-Tokoh Terkenal Bertipe Kepribadian ISFJ :
Mother Teresa, nun and humanitarian
Louisa May Alcott, author
Elizabeth II, Queen of England
Robert E. Lee, general
Mary I, Queen of England
Kristi Yamaguchi, figure skater
Michael Caine, actor
Alfred, Lord Tennyson, poet

2 komentar:

Next Prev
▲Top▲