Tipe Kepribadian ESFJ (The Caregivers)

| Kamis, 04 Juni 2015


“The Caregivers”
Hosts and hostesses of the world

Bersahabat, bersungguh-sungguh, dan dapat bekerja sama. Menginginkan keharmonisan dalam lingkungan mereka, mereka bekerja dengan kebulatan tekad. Senang bekerja dengan orang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan teliti, dan tepat waktu. Loyal, melaksanakan tugas hingga hal-hal kecil sekalipun. Memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan orang lain dalam keseharian mereka dan, mencoba untuk memenuhi itu semua. Ingin dihargai untuk siapa diri mereka dan segala kontribusi mereka.

ESFJ (Extraversion, Sensing, Feeling, Judging) adalah singkatan yang digunakan untuk menyebut salah satu dari 16 Jenis Kepribadian yang dikategorikan dalam Intrumen Tes Kepribadian MBTI (Myers-Birggs Type Indicator). Dalam Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan ESFJ kedalam Temperamen Guardian , diperkirakan populasi ESFJ didunia yakni antara 9–13% dari populasi dunia.

Menurut Keirsey Temperament Sorter, Guardians merupakan jenis pribadi konkrit dan terorganisir. Mencari keamanan dan rasa memiliki, mereka peduli dengan tugas dan tanggung jawab. Kekuatan terbesar mereka adalah logistik. Mereka unggul dalam pengorganisasian, memfasilitasi, memeriksa, dan mendukung.

E – Extraversion: Mereka bBiasanya merasa termotivasi melalui interaksi dengan orang lain. Mereka cenderung untuk menikmati jaringan perkenalan yang luas, dan mereka mendapatkan energi dalam situasi sosial.
S – Sensing: cenderung lebih menyukai hal konkret daripada abstrak. Mereka memusatkan perhatian mereka pada detail daripada gambaran besar, dan realitas langsung daripada kemungkinan masa depan.
F – Feeling: cenderung menghargai pertimbangan pribadi dalam mengambil keputusan. Umumnya mereka sering lebih mengutamakan implikasi sosial daripada logika.
J – Judgment: cenderung untuk merencanakan kegiatan mereka dan membuat keputusan di awal. Mereka mengontrol melalui prediktabilitas.


Gambaran Singkat Kepribadian ESFJ :

ESFJ fokus pada dunia luar dan menilai pengalaman mereka secara subyektif. Mereka sebagian besar mendasarkan penilaian mereka pada sistem kepercayaan mereka dan pada efek dari tindakan pada orang lain. ESFJ bersifat harafiah dan konkret, percaya pada sebuah informasi, spesifik faktual yang dikumpulkan melalui penglihatan mereka.

ESFJ memiliki minat yang tulus pada kesejahteraan orang lain. Mereka sering terampil dalam memahami sudut pandang orang lain. Mereka serius pada tanggung jawab mereka, melihat apa yang perlu dilakukan dan kemudian melakukannya. Mereka menghargai tradisi dan keamanan yang ditawarkan.

Mereka menikmati kebahagiaan orang lain. Mereka memberi dengan murah hati tetapi mengharapkan penghargaan sebagai imbalan. Peka terhadap kebutuhan fisik orang lain, mereka merespon dengan menawarkan perawatan praktis. ESFJ sering beradaptasi dengan cara mereka untuk memenuhi harapan orang lain. Namun, mereka mungkin mengalami kesulitan mengenali kekurangan dari orang yang dicintai.

ESFJ cenderung vokal dalam mengungkapkan rasa benar dan salah. Penilaian mereka dalam kaitannya dengan dunia luar seringkali didasarkan pada etika interpersonal, dengan memperhatikan apa yang diberi dan apa yang diterima. ESFJ ini cenderung mengikuti orang-orang dari kelompok sosial mereka dari pada pendirian diri sendiri. ESFJ yang dibesarkan dalam lingkungan standar etika yang tinggi cenderung untuk menampilkan kemurahan hati yang sejati dan kebaikan.

ESFJ mencari struktur, lingkungan terkendali, dan cenderung untuk menjadi baik dalam menciptakan rasa ketertiban. Mereka umumnya merasa tidak aman dalam suasana ketidakpastian. Mereka menghargai aturan hukum dan mengharapkan hal yang sama pada orang lain. ESFJ mungkin kurang tertarik dalam memahami konsep di balik aturan, cenderung menghindar dari sesuatu yang abstrak dan impersonal.


 Ciri-Ciri Umum ESFJ :

Para ESFJ umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Terorganisir.
  2. Loyal.
  3. Dapat diandalkan untuk mengikuti hal-hal sampai selesai.
  4. Senang menciptakan ketertiban, struktur dan jadwal.
  5. Senang berinteraksi dengan orang lain.
  6. Ramah dan mudah bersimpati.
  7. Cenderung menempatkan kebutuhan orang lain di atas mereka sendiri
  8. Sangat baik dalam memberikan perawatan praktis.
  9. Sangat kooperatif, anggota tim yang baik
  10. Praktis dan bersahaja.
  11. Memegang nilai kehidupan yang aman dan damai.
  12. Senang pada keberagaman, namun dapat bekerja dengan baik dengan tugas-tugas rutin.
  13. Membutuhkan persetujuan dari orang lain.
  14. Memperoleh kepuasan dengan memberi kepada orang lain
  15. Hidup di sini, dan saat ini – tidak suka berteori tentang masa depan.


Saran Pengembangan :

  1. Jangan mengorbankan diri hanya untuk menyenangkan orang lain.
  2. Jangan mengukur harga diri Anda dari perlakuan, penghargaan dan pujian orang lain.
  3. Mintalah pertimbangan orang lain dalam mengambil keputusan. Belajarlah untuk lebih tegas.
  4. Terima tanggungjawab hidup dan belajarlah untuk lebih dewasa. Jangan mengasihani diri sendiri.
  5. Hadapi kritik dan konflik, jangan lari.


Kata Kunci :
Mengembangkan prosedur yang efektif
Tegas
Memelihara dan melestarikan apa yang telah berhasil.
Seorang yang terampil.
Menciptakan kesepakatan.


Tokoh-Tokoh Terkenal Bertipe Kepribadian ESFJ :
Terry Bradshaw, football player
Sally Field, actress
Bill Clinton, U.S. President
William McKinley, U.S. President
Nancy Kerrigan, figure skater




Source: dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲