Kamus Istilah Fanfiksi

| Minggu, 07 Juni 2015


Fanfiksi (dalam bahasa Inggris: Fanfiction) merupakan gabungan dari kata "fan" dan "fiksi". "Fan" sama saja artinya dengan "fans/penggemar", sedangkan "fiksi" sendiri sama saja artinya dengan "khayalan". Kesimpulannya, Fanfiksi adalah cerita fiksi/khayalan yang dibuat oleh seorang penulis yang menyukai cerita fiksi.
Biasanya dalam berfanfiksi, jarang sekali (bahkan mungkin tidak ada) seorang penulis yang menerbitkan fanfiksinya. Karena sebenarnya berfanfiksi itu hanya untuk bersenang-senang dengan kita berimajinasi. Dan terkadang berfanfiksi bisa merubah sifat/kepribadian/daya pikir seseorang, contohnya dalam berbahasa yang baik dan benar.

Dalam berfanfiksi di Indonesia (maupun dunia) pasti selalu ada istilah-istilah yang kita sendiri belum memahaminya. Disini saya akan membagikan Istilah-Istilah dalam Berfanfiksi yang dikutip dari berbagai sumber.
Sebenarnya, ada banyak sekali istilah-istilah dalam berfanfiksi, mungkin sampai ribuan. Tapi yang istilah disini sering digunakan oleh penulis untuk memberitahu kepada sang pembacanya.



Symbol

/ (Tanda miring) Biasanya menunjukan sebuah hubungan antara beberapa karakter yang terlibat dalan hubungan romance. Contoh :Naruto/Hinata.
! (Tanda seru atau aklamasi) Diletakkan antara kata sifat dan nama karakter. Menunjukkan bahwa di fanfic tersebut karakter akan bersifat seperti itu. Contoh : Protective!Dean.


A

Adult Fanfiction yang tidak untuk anak-anak karena mengandung unsur seksual, kekerasan, dan hal-hal dewasa.
AE (Alternate Ending) Fanfiction yang ending versi penulis atau berbeda dari canon. Biasanya ditulis karena adanya ketidak puasan atas ending dari cerita aslinya. Contoh: Harry mati dibunuh Voldemort.
AH (All Human) Istilah yang digunakan dalam fanfiction yang memiliki unsur supranatural, tapi karakternya digambarkan sebagai manusia.
Anonymouse Seseorang yang memposting sesuatu dalam sebuah forum atau komentar tanpa menyertakan identitas dirinya.
Anti-fic Fanfiction yang bertujuan menyerang atau melecehkan suatu buku, film, game, dsb. Fanfiction ini memusatkan sepenuhnya ke arah pembunuhan tokoh utamanya. Kadang disebut juga Deathfic, Revengefic, Slasherfic.
AR (Alternate Reality) Fanfiction yang dibuat dengan setting sama dengan aslinya, hanya saja ada beberapa fakta yang berbeda dengan aslinya. Contoh: Namikaze Minato tidak mati dalam pertarungannya melawan Kyuubi; Uchiha Sasuke tidak kabur dari Konoha.
AT (Alternate Timeline) Fanfiction yang dibuat dengan setting waktu yang berbeda dengan cerita aslinya. Misal: Conan yang tinggal pada massa Edo, padahal kenyataannya Conan hidup di zaman modern).
AU (Alternate Universe) Fanfiction yang dibuat dengan situasi dunia yang berbeda dengan cerita aslinya. Contoh: Naruto yang hidup di afrika dan menjadi kepala suku.
Author Orang yang menulis atau membuat suatu fanfiction.
Author Note Catatan penulis untuk menjelaskan sesuatu yang biasanya diselipkan dalam cerita.
Authorfic Fanfiction di mana si penulis ikut serta ambil bagian dalam cerita. Berhubungan dengan self-insert.


B

Badfict Fanfiction yang sengaja dibuat buruk oleh si penulis agar dapat menghibur, menyenangkan, dan juga mendidik dengan menunjukkan kesalahan umum.
Bard Salah satu sebutan untuk penulis fanfiction. Bard arti sebetulnya ialah ‘tukang cerita.’
Bashing Character Penindasan terhadap seorang tokoh dalam sebuah fanfiction atau orifict. Misalnya di sebuah fanfiction yang mem-bashing Sasuke, Sasuke dijadikan sebagai rakyat jelata buruk rupa yang ketahuan maling ayam lalu disiksa oleh masyarakat setempat. Kecenderungan dalam fanfiction yang melakukan Chara Bashing akhir-akhir ini ialah karakter yang sangat OOC.
Bestiality Fanfiction yang berisi tentang hubungan seksual antara manusia dan binatang. Kebanyakan cerita bestiality bercerita tentang manusia yang berubah menjadi binatang tetapi tetap mempunyai pikiran dan hati manusia.
Beta reader Seseorang yang mengomentari dan mengedit hasil karya orang lain sebelum selesai atau dipublish. Kurang lebih dapat dianggap sebagai editor dari suatu fanfiction.
Beta version Fanfiction versi sementara, belum dianalisis kelemahan maupun keunggulannya.
Bishoujo Gadis cantik.
Bishounen Mengacu pada laki-laki tampan yang cantik yang sering terlihat di anime popular.
Boys Love Merupakan kisah percintaan pria dengan pria, namun lebih menekankan kepada hubungan perasaan antara dua pria yang dipasangkan.
Breaking the Fourth Wall Bagian di mana tokoh dalam cerita berbicara langsung dengan pembacanya.


C

C&C (Comment and Critism) Umpan balik (review) setelah membaca sebuah fanfiction. Berisi komentar dan kritik atau saran untuk fanfiction tersebut.
Canon Mengacu pada sifat, karakter, peristiwa, plotline, yang terjadi secara nyata dalam sumber resmi yang mendasari suatu fanfiction.
Cartwright Syndrome Kecenderungan untuk membuat cerita di mana tokoh wanita (OC maupun canon) jatuh cinta mati-matian pada tokoh utama prianya, kemudian meninggal (biasanya karena menyelamatkan si tokoh pria).
Challenge Permainan informal yang dimainkan secara tertulis dan siapa saja yang menyukai ide (tantangan) dapat menanggapinya dengan cerita tentang hal yang bersangkutan.
Character Death Sebuah peringatan yang ditempatkan dalam header sebuah cerita dimana satu atau lebih karakter utama meninggal.
Collab, Collaboration Sebuah fanfiction yang ditulis oleh dua atau lebih penulis.
Concrit, Con.Crit (Constructive Criticism) Umpan balik (bisa berupa kritik maupun saran) yang membantu, berguna, dan terperinci, bukannya kasar, meremehkan atau flame.
Conventional Couple Pasangan yang sudah jelas di canon dan akan berakhir happy ending di akhir cerita.
Cookie Fanfiction yang singkat atau ringkasan dari fanfiction panjang yang bila dibaca bisa jadi merupakan fanfiction tersendiri.
Copyright Hak kekayaan intelektual untuk memperbanyak, menerbitkan, dan mengedarkan hasil tulisannya. Author fanfiction tidak memiliki hak secara hukum atas tokoh canon. Ia hanya bisa mengklaim OC dan ide ceritanya.
Corporal Punishment Hukuman jasmaniah, yang berkenaan dengan fisik.
Cover Art Art atau gambar yang dibuat sebagai cover untuk sebuah fanfiction. Penulis-penulis fanfiction barat yang terkenal banyak membuat cover art untuk fanfiction yang ditulisnya.
Crack Pairing Pairing yang hampir tidak mungkin terjadi dalam dunia canon-nya. Contoh: Jiraiya/Sakura.
Crackfic Sebuah fanfiction dengan alur yang tidak mungkin terjadi dalam dunia canon-nya. Contoh: Naruto membenci ramen.
Cross-generational Menampilkan cerita-cerita dengan perbedaan usia pasangan yang terlampau besar. Biasanya digambarkan dengan hubungan khusus antara guru dan murid. Contoh: Snape/Harry.
Crossover Sebuah cerita yang straddles dari dua fandom berbeda. Dapat dilakukan pencampuran karakter dari dunia yang berbeda (Contoh: Crossover Naruto/Harry Potter. Mengisahkan tentang Severus Snape yang terkena sihir kuno lalu pindah alam ke dunia Naruto) atau imaginasi liar yang belum pernah ada (Samurai X/Telletubbies).
Cross-posting Mengirimkan fanfiction yang sama ke beberapa Board/Milis/Site.


D

Darkfict Sebuah fanfiction yang melibatkan sejumlah besar kematian/sakit/trauma yang diderita oleh karakter, sehingga seringkali perwatakan karakter menjadi OOC.
Deathfict Sebuah fanfiction dimana satu atau lebih karakter yang meninggal atau baru saja meninggal. Biasanya ditulis dengan berfokus pada bagaimana karakter yang ditinggal mati menghadapi kerugian.
Derivative Fiction Karya kreatif yang didasarkan pada ide-ide lain.
Disclaimers Informasi yang biasanya diletakkan di atas sebuah fanfiction. Disclaimer merupakan pengakuan secara tertulis oleh seorang author fanfiction bahwa fanfiction yang ditulisnya berasal dari anime/manga/book/game/movie/misc yang dibuat oleh pengarang aslinya.
Divergence Cerita yang mulanya berangkat dari fakta yang sama dengan canon-nya, kemudian pada titik tertentu berbelok memasuki situasi karangan penulisnya yang berbeda dengan canon-nya.
Drabble Sebuah fanfiction pendek, panjangnya berkisar antara 100-200 kata.


E

Elseworld Kata lain untuk Alternate Universe.
EP Episode dari sebuah serial televisi.
Episode tag atau Tag Sebuah fanfiction yang ditulis berdasarkan sebuah episode dari serial TV-nya. Biasanya ditulis dengan menambahkan adegan-adegan tertentu.
ER (Established Romance) Cerita dimana karakter fanfic tersebut telah terlibat hubungan cinta yang tidak dapat dipungkiri sebelum cerita dimulai.


F

F/F, f/f Kisah yang melibatkan hubungan seksual antara dua karakter wanita. “F” biasanya menunjukkan seorang wanita dewasa, sementara “f” menunjukkan seorang wanita di bawah umur.
Fan/Fen Penggemar suatu buku, film, atau game. Fen adalah bentuk jamak dari fan.
Fandom Pada umumnya dapat diartikan dari suatu komunitas (sekelompok orang) yang tertarik, menikmati, membaca, dan menulis fanfiction dari suatu cerita seperti komik, manga, novel, film, dll.
Fanfic Kependekan dari “fanfiction”. Sebuah cerita yang diangkat berdasarkan acara TV, buku, film, komik, dll dengan memakai tokoh atau situasi tertentu yang ada dalam sumber aslinya.
Fanficcer Seseorang yang menulis fanfiction.
Fanon Informasi atau karakterisasi yang belum pernah dikonfirmasi, tapi diterima oleh para penggemarnya. Contoh: orientasi Dumbledore.
Fanzine atau Zine Majalah yang berisi fanfiksi, fanart, dan hal-hal lainnya.
Femslash Cerita tentang hubungan seksual antara karakter perempuan.
Ficathon (Fanfiction marathon) Fanfiction yang dikerjakan khusus dipersembahkan untuk seseorang, dan sebagai balasan penulis mendapat fanfiction juga dari orang yang dituju.
Ficlet Fanfiction yang sangat pendek, berkisar 1000 kata.
Fidge Istilah untuk fanfiction yang sangat menarik.
Filk Fanfiction dalam bentuk lagu, biasanya liriknya dimasukkan dalam irama lagu yang sudah ada. Berbeda dari Songfict.
First Draft Bentuk tulisan pertama, belum diapa-apain, belum diedit, di-beta, masih asli.
First Time Fanfiction dimana karakter terlibat sebuah hubungan pada saat cerita itu dimulai. Lawan dari ER.
Flame Kritik keras yang menghina sebuah fanfiction maupun orifict. Dalam tahap yang lebih parah, flame sering ditujukan kepada author fanfict tersebut secara langsung, bukan kepada fanfiction/karyanya.
Flamewar Perang kritik yang dilakukan dalam review, email, forum, journal, dan lain-lain.
Flash Fiction Karya fiksi yang sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek. Rata-rata flash fiction memiliki antara 250 sampai 1000 kata.
Fluff Sebuah fanfict ringan. Biasanya pendek dan manis.
Fluffy Angst Sebuah gaya cerita yang awalnya sangat gelap dan suram, tapi berakhir manis dan bahagia. Biasanya berlebihan.
Future (–fic) Fanfiction yang timeline-nya di masa datang, biasanya diisi dengan generasi kedua dari tokoh cerita
Fuxing Memberi tanggapan atas suatu fanfiction namun isinya tidak benar-benar seperti yang dimaksud, karena tidak ingin menyakiti hati si penulis, atau tidak ingin memulai suatu flame-war.


G

Gary Stu Tokoh pria dalam sebuah orifice atau fanfiction yang dibuat terlalu sempurna, tak ada celah kelemahan. Versi cowok dari Mary Sue. Contohnya, karakter pria yang tampan, kaya, pintar, serba bisa, digemari banyak wanita, dan tidak memiliki kekurangan.
Gen Fen Orang yang lebih suka alur non-slash atau mereka yang menentang slash karena dianggap merusak karakterisasi asli.
Gen Kependekan dari “general”, menunjukkan sebuah fanfiction yang cocok untuk segala usia dan adat istiadat, tidak berisi nada seksual.
Genderswitch (–bender, –flip) Pertukaran jenis kelamin. Misalnya karakter yang aslinya berjenis kelamin pria berubah menjadi wanita dan sebaliknya.
Genre Gaya atau aliran dalam sebuah cerita. Terdapat beberapa genre di Fanfiction.net, yaitu: (1) Adventure Fanfiction yang menggambarkan kejadian-kajadian yang terjadi dalam sebuah petualangan. (2) Angst Fanfiction yang melibatkan tingkat kecemasan tinggi dengan permainan emosional, fisik dan mental. Biasanya berakhir sad ending. (3) Crime Berpusat pada hal-hal yang dianggap criminal (kejahatan). (4) Drama Genre yang mengutamakan pada konflik emosi dan bertujuan membuat pembaca terhanyut dalam cerita. (5) Family Berkisar mengenai masalah yang terjadi dalam kehidupan keluarga. (6) Fantasy Fanfiction yang mana author menciptakan sendiri dunianya, sebuah alternative dunia yang berada dalam legenda atau mitos zaman dulu. Biasanya melibatkan sihir, unsur mistik, atauh hal-hal supranatural. (7) Friendship Genre yang mengceritakan tentang atau terdapat unsur persahabatan. (8) General Genre yang cocok untuk segala usia dan adat istiadat, tidak berisi nada seksual. (9) Horror Bertujuan membangkitkan kombinasi dari perasaan takut, terpesona, dan muak pada para pembacanya. (10) Humor Genre yang mengusung unsur lucu, sehingga bisa membuat pembaca tertawa. (11) Hurt/Comfort Gaya cerita dimana satu karakter dirugikan (baik secara fisik maupun emosional) dan karakter lainnya harus menyelamatkan karakter yang terluka tersebut, sehingga mereka merasa lebih baik. (12) Mystery Teknis cerita yang melibatkan karakter cerita dimana ia mencoba untuk menemukan potongan informasi penting yang disembunyikan sampai klimaks. Biasanya cerita detektif. (13) Parody Hampir sama dengan humor, hanya saja unsur lucunya terletak diakhir cerita dan tidak disangka olah kita. Parody biasanya digunakan untuk menyindir karakter, plot, bahkan realita yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. (14) Poetry Fanfiction yang dikemas dalam sebuah puisi. (15) Romance Genre yang mengusung tema percintaan. (16) Sci-Fi Kependekan dari “science-fiction”. Sebuah fanfiction yang mengandung unsur ilmiah, seperti Science dan IPTEK. (17) Spiritual Genre yang mengandung unsur spritiual seperti hal-hal yang berkaitan dengan tekanan batin seorang tokoh hingga menyebabkan masalah psikologis ataupun munculnya ilusi-ilusi mengenai keinginan seorang tokoh yang tak bisa dipenuhi. (18) Supernatural Bercerita mengenai kemampuan yang diluar batas manusia. Seperti sixth sense (indra keenam), kemampuan meramal, dan lain-lain. (19) Suspense Fanfiction yang menimbulkan perasaan penasaran dan tegang. Identik dengan cerita kejahatan atau detektif, tapi itu bukanlah hal mutlak. (20) Tragedy Fanfiction yang menceritakan kesedihan dan hal-hal tragis. (21) Western Genre yang mengangkat kehidupan Amerika zaman dulu, seperti koboi.
Gore Fanfiction yang penuh dengan darah, pembunuhan, dan hal-hal lain semacamnya
Grapefruit Fanfiction yang secara eksplisit memaparkan adegan seksual terutama perkosaan
Gueststar Hampir seperti Crossover, namun hanya satu tokoh dari cerita asli lain yang ditampilkan. Misal: Frodo dari LOTR, dan tidak ada tokoh LOTR lainnya.


H

Half-Drabble Lebih pendek dari drabble. Hanya sekitar 50 kata.
Het Kependekan dari “heteroseksual”, menunjukkan hubungan antara pria dan wanita.
HGTG (Hero Gets The Girl) Tokoh utama pria harus 'jadian' dengan tokoh utama wanita.
HHJJ (Happy Happy Joy Joy) Fanfiction yang tidak ada angst sama sekali, atau endingnya selalu happy.
Hiatus Suatu keadaan dimana seseorang beristirahat/jeda dalam kegiatan/pekerjaannya untuk sementara waktu. Dalam dunia tulis-menulis, hiatus berarti menghentikan penulisan suatu karya tulis untuk sementara waktu, namun masih akan dilanjutkan. Bila tidak dilanjutkan lagi, dinamakan Discontinued.


I

IC (In Chara) Perwatakan sebuah karakter dalam fanfiction yang sesuai dengan aslinya.
Iconoclast Penulis yang menulis tentang tokoh yang kecil perannya dan sering terlupakan dalam cerita aslinya.
Incest Hubungan seksual diantara saudara yang sedarah.


K

Kink Cerita yang didalamnya terdapat elemen yang tidak biasa.
Kitsching Menulis tanggapan positif terhadap fanfiction yang sangat banyak tanggapannya (mungkin istilah pendeknya: ikut-ikutan) agar terlihat seperti menggemari fanfiction itu juga, meski mungkin sebenarnya tidak begitu suka.
Kleenex Warning, Tissue Warning Peringatan di awal fanfiction bahwa fanfiction itu akan sangat sedih, sehingga sebaiknya pembaca bersiap dengan tissue di tangan untuk mengusap air mata (Kleenex itu sebenarnya merek tissue).
Klimaks Puncak ketegangan/konflik dari suatu cerita.
Klise Pengertian dari klise adalah pengulangan. Klise bisa berarti pengulangan kata-kata yang digunakan itu-itu saja ataupun tema yang digunakan itu-itu saja.


L

Lemon Sebuah fanfict yang berisikan adegan seksual eksplisit.
Lime Sebuah fanfiction yang melibatkan adegan seksual, namun tidak seeksplisit lemon.
LoC (Letter of Comment) Pesan singkat yang berisi apresiasi dari pembaca yang diberikan untuk penulis. Kata lainnya adalah feedback.
Lolicon Sebuah kisah percintaan yang mana salah satu pasangannya adalah gadis muda dan perbedaan usianya lebih dari 15 tahun.
Love/hate Fanfiction yang dimulai dengan kedua tokoh utama saling benci, tapi lama kelamaan jadi saling cinta.
Lurker Anggota milis, messageboard, atau forum lain yang jarang memberikan feedback atas karya yang telah dibacanya.


M

M/M, m/m Kisah percintaan antara dua karakter laki-laki. Biasanya “M” menunjukkan pria dewasa, sedangkan “m” menunjukkan laki-laki di bawah umur.
Mainstream Fandom Merupakan komunitas pecinta anime/manga/komik/buku/film yang memiliki banyak pembaca, penulis, dan pengikut.
Mary Sue Tokoh wanita yang dibuat dalam sebuah fanfiction atau orifict yang dibuat terlalu sempurna, tanpa celah, sehingga cenderung membosankan. Contohnya karakter wanita yang cantik, pintar, kaya, digemari banyak pria, dan tidak memiliki kekurangan.
MC (Multichapter) Story Cerita yang dibuat berchapter-chapter dengan 1 cerita utuh. Pada fanfiction yang berjumlah chapter banyak, namun merupakan kumpulan oneshot tidak dapat dikategorikan sebagai Multichapter Story.
Mild-language Bahasa yang ‘agak’ kasar, tidak terlalu sopan tapi tidak bisa digolongkan ke dalam bahasa kasar. Biasanya hany digolongkan dalam rating PG 13 atau T.
Missing Scene Fanfiction yang menulis tentang apa yang terjadi di antara dua adegan dalam film atau buku.
Movieverse Merupakan film yang diadaptasi dari suatu buku/komik, yang mana plot, setting, maupun karakternya bisa sangat berbeda dari canon.
MPREG (Male Pregnant) Sebuah fanfiction yang melibatkan kehamilan laki-laki. Tidak selalu diterima dengan tangan terbuka.
MST (-ing) Fanfiction yang ditulis dengan gaya film Mistery Science Theater 3000, sebuah fanfiction lain dimasukkan dalam fanfiction kita, lalu dikomentari bagian per-bagiannya. Biasanya dibuat lucu, atau justru jadi kasar karena menertawakan fanfiction pertama.
Multiple Partners Fanfiction tentang tokoh yang memiliki kebih dari dua orang pasangan. Digambarkan dengan f/m/f atau m/f/m, m/m/m, f/f/f
Mundane Sebutan untuk orang yang bukan fan, atau yang tidak tahu apa itu Fanfiction.
Muse Personifikasi dari inspirasi penulis, biasanya dilukiskan seperti dewi. See : Mary Sue.


N

Newbie/Newcomer Pendatang baru di sebuah group.
Next Generation Sebuah cerita yang berfokus pada anak-anak atau keturunan dari karakter canon. Umumnya next generation fanfiction menggunakan tokoh utama OC yang merupakan keturunan dari karakter canon (tidak mutlak).
Noncon Non-Constentual Sexual Act. Bisa dikatakan kata lain dari pemerkosaan.
Nonshipper orang-orang yang membenci popular pairing.
Noromo No-Romance.
Novel-length Fanfiction yang cukup panjang, sepanjang novel.


O

OC (Original Character) Karakter tambahan yang diciptakan oleh seorang author. Biasanya diciptakan untuk melengkapi, membantu jalannya cerita. Terkadang ada juga author yang menjadikan OC sebagai tokoh utamanya.
Official Pairing Merupakan pairing yang sudah resmi dan sah pada suatu fandom karena pairing tersebut dibuat oleh pengarang anime/manga/book/movie/misc. aslinya. Contoh : Asuma/Kurenai, Minato/Kushina, Fugaku/Mikoto di fandom Naruto.
OOC (Out of Character) Perwatakan karakter yang dibuat berbeda atau melenceng jauh dari perwatakan di canon-nya. Misalnya Temon dari serial Abdel dan Temon dibuat sebagai karakter yang digandrungi wanita, kaya, dan pintar.
Orifict (Original Fiction) Karya fiksi asli yang dibuat oleh penulis. Tokoh, alur, setting murni hasil pemikiran penulis.
OS (Oneshot) Story Merupakan fanfiction/orifict yang selesai dalam 1 chapter saja. Biasanya (kalau ada), lanjutan atau hal-hal yang berhubungan dengan fanfiction/orifict oneshot dibuat di sekuelnya.
OTP (One True Pairing) Keyakinan bahwa fandom tertentu hanya berisi satu pasangan nyata dan yang lain adalah tidak masuk akal.
Out Istilah yang menggambarkan seorang fans yang tidak segan-segan memperlihatkan pada dunia luar kecintaannya pada fandom ini (biarpun orang-orang menganggapnya aneh). Istilah ini mulanya dari frasa “Out of the cupboard.”


P

Pairing Kombinasi karakter/pasangan yang dibuat berdasarkan aslinya atau keinginan penggemar.
Plagiarism Mengambil karya orang lain, kata perkata, dan mengakuinya sebagai milik sendiri. Bahasa lainnya ialah mencontek/menjiplak.
Plotbunnies Ide cerita yang melompat-lompat di pikiran kita, meski kita tidak sedang memikirkan cerita tersebut.
Plothole Suatu keganjilan yang menyimpang yang ditemukan dalam alur suatu cerita yang tidak disadari oleh penulis. Bisa berupa perilaku aneh atau tidak logis dari si tokoh, kejadian yang tidak logis atau tidak mungkin terjadi, kejadian yang terjadi tanpa alasan yang jelas, atau pernyataan atau kejadian yang bertentangan kejadian sebelumnya dalam alur cerita.
Politislash Cerita slash tentang tokoh-tokoh politik yang biasanya bersifat menyindir.
POV (Point of View) Sudut pandang pengarang dalam menggambarkan ceritanya.
Prefic (Prequel Fanfiction) Fanfiction yang mengisahkan kejadian sebelum kisah aslinya.
Prompt Satu atau beberapa kata yang menginspirasi penulis namun difokuskan (baik tersirat atau tersurat) dalam membuat cerita. Mirip dengan tema, namun lebih spesifik lagi. Dapat berupa frasa atau kutipan.
Purist Orang yang hanya mau membaca cerita yang sesuai dengan kisah aslinya/canon
PWP (Plot, What Plot?) (1) Dapat diartikan sebagai cerita yang lebih menonjolkan pada adegan seksual dibanding alur ceritanya, bahkan plot sebenarnya hanyalah mengenai adegan seksual tokoh-tokohnya. Sering juga disebut sebagai Porn Without Plot. Hampir mirip dengan NC-17. (2) Dapat diartikan sebagai fanfiction yang hanya terdiri dari satu atau dua skenario tanpa ada background story yang jelas.


R

R&R (Read and Review) Kata yang biasanya diletakkan di summary yang bertujuan agar pembaca mau membaca karya dan memberikan umpan balik.
Rating Penulis-atau arsip-sistem yang diterapkan memungkinkan para pembaca tahu apa yang mereka in untuk sebelum mereka mulai membaca sebuah cerita. Sangat penting bagi seorang author untuk mengetahui rating dari fanfiction yang akan dibuatnya, agar dapat menghindari kesalahan segmentasi pembaca. Menggunakan pedoman film Amerika berdasarkan MPAA (Motion Picture Association of America) sebagai template, rating fanfiction dapat dinilai sebagai berikut: (1) G (General Audiences) Baik bersih menyenangkan untuk segala usia; (2) PG (Parental Guidance Suggested) Sebagian isi mungkin tidak cocok untuk anak-anak. Dapat tersirat sindiran seksual, kata-kata buruk, atau kekerasan; (3) PG-13 (Parents Strongly Cautioned) Sebagian isi mungkin tidak cocok untuk anak berusia di bawah umur 13. Dapat mengandung beberapa unsur kekerasan, bahasa yang buruk, sindiran seksual, hubungan seksual secara implisit, juga dapat mencakup beberapa topik dewasa seperti bunuh diri, homoseksualitas, narkoba/alkohol, advokasi, pemerkosaan, adegan melahirkan, dan lain-lain tergantung pada adat istiadat dari fandom yang terlibat; (4) R (Restricted) Anak di bawah usia 17 tahun harus ditemani orang tua atau orang dewasa. Dapat mengandung unsur seks eksplisit, gambar penyiksaan atau kekerasan, perkosaan. Tidak direkomendasikan untuk anak di bawah umur; (5) NC-17 (No One 17 & Under Admitted) Untuk dewasa 17 tahun ke atas. Mengandung unsur erotic eksplisit, kekerasan, adegan berdarah-darah yang berlebihan. Ilegal bagi pembaca di bawah umur; (6) X Sama seperti NC-17 tetapi hanya merujuk pada seks. Tidak lagi digunakan oleh beberapa fandom; (7) XXX Berisi pure grafis buruk/porn, jarang dilihat dan tidak dimasukkan dalam lingkaran fanfiction. Dalam Fanfiction.net terdapat beberapa rating yang digunakan, antara lain: (1) K (Kids) Untuk pembaca berusia 5 tahun ke atas. Isinya tidak mengandung kata-kata yang kasar, kekerasasan, dan hal-hal “dewasa.”; (2) K+ (Older Kids) Untuk pembaca berusia 9 tahun ke atas. Dapat mengandung sedikit aksi kekerasan, tapi tidak menimbulkan luka yang parah. Terdapat kata-kata kasar, tapi dengan kadar minor dan tidak ekstrem. Tidak mengandung materi “dewasa”; (3) T (Teen) Untuk pembaca berusia 13 tahun ke atas. Mengandung beberapa kekerasan, minor kata kasar dan minor unsur dewasa; (4) M (Mature) Untuk pembaca berusia 16 tahun ke atas. Mengandung non-eksplisit materi dewasa, kekerasan, dan kata kasar yang ekstrim; (5) MA (Mature Adults) Untuk pembaca berusia 18 tahun ke atas. Mengandung materi dewasa secara eksplisit.
Remix Pembuatan kembali fanfiction yang telah ada.
Round Robin Fanfiction di mana banyak penulis berpastisipasi menulisnya.
RPF (Real Person Fanfiction) Fanfiksi yang menggunakan manusia sesungguhnya (bukan tokoh fiksi) sebagai karakter dalam ceritanya. Orang-orang yang sering dipakai dalam RPF seperti selebriti, aktor/aktris, penyanyi, tokoh masyarakat, komedian, dan lain-lain. RPF DILARANG dimuat di Fanfiction.net.
RPS (Real Peson Slash) Hampir sama dengan RPF, RPS menempatkan karakternya dalam hubungan sesama jenis. Biasanya cenderung mengarah ke hubungan seksual.


S

Self Insertion Sebuah fanfiction dimana penulis memasukkan OC dirinya sendiri dalam fanfiction yang ditulisnya. Terkadang SI menjadi indikasi Mary Sue.
Selfcest Perasaan cinta atau hubungan asmara dengan diri sendiri. Selfcest ini sangat jarang (bahkan hampir tidak ada). Biasanya hanya untuk orang-orang yang narsis berlebihan. Atau orang yang berkepribadian ganda (mencintai belahan dirinya yang satunya lagi).
Seme Orang yang dominan (top) dalam hubungan seksual, baik yaoi maupun yuri.
Sequel Fanfiction yang mengisahkan kelanjutan sebelum kisah sebelumnya.
Shoujo-ai Versi cewek dari Shounen-ai.
Shounen-ai Boys love, kadarnya lebih rendah daripada yaoi. Lebih menekankan kepada hubungan perasaan daripada fisik.
Side Story Kisah sampingan, menuliskan tentang suatu situasi atau tokoh yang tidak begitu diperhatikan dalam cerita aslinya.
Siders (Silent Readers) Sebutan untuk pembaca fanfiction yang tidak meninggalkan jejak baik review, concrit, maupun favorit. Disebut juga pembaca pasif.
Slash Jenis fanfict yang melibatkan hubungan antara dua karakter dengan jenis kelamin sama.
Smut Hampir sama dengan lemon, tapi lebih lembut dan biasanya melambai-lambai.
Song Parody Sebuah fanfiction dimana authornya mengambil (biasanya) lagu popular, kemudian ditulis ulang dengan tema dan karakter yang membuat kita tertawa.
Songfict Sebuah fanfiction yang ceritanya berdasarkan lirik lagu. Biasanya terdapat lirik lagu disana sini untuk memberikan suasana dan penekanan atas apa yang author ceritakan. Songfict DILARANG dimuat di Fanfiction.net.
Spew Warning Peringatan yang diletakkan di awal fanfiction yang sangat lucu, hingga dikhawatirkan bila seseorang membacanya sambil makan sesuatu, akan tertawa hingga menyemburkan makanan yang sedang dimakannya.
Spoiler Warning Peringatan yang diberikan oleh author, biasanya terletak di awal atau summary cerita. Bertujuan untuk memberitahu pembaca agar mereka dapat memutuskan untuk berhenti membaca sebelum terlambat.
Squick Unsur apapun dalam fanfiction yang bisa membuat pembacanya mual. Hal ini tergantung kepada pembacanya. Biasanya faktor utama yang membuat pembaca mual adalah character death, orientasi seksual, dan lain-lain.
Stand Alone Cerita yang dapat dibaca tanpa perlu membaca cerita lain atau cerita sebelumnya


T

Tabestry Syndrome Kecenderungan mendapat ide yang sangat banyak untuk membuat bermacam-macam fanfiction, tapi tidak ada yang selesai
TBC (To Be Continued) Tanda bahwa fanfiction tersebut masih akan berlanjut dan belum tamat.
Teaser fict Sepotong kecil cerita yang di-post untuk membuat pembaca tertarik dan membaca fanfiction itu secara keseluruhan.
Timeline Merupakan setting waktu secara global yang digunakan dalam fanfiction/orifict. Kejelasan dari timeline suatu fanfiction/orifict sangat penting agar pembaca tidak kebingungan.
TPTB (The Power that Be) Merujuk pada pemilik dari serial tv/manga/novel/dll. Biasanya disebut dalam Disclaimer.
Tribute Sekumpulan fanfiction, lagu, puisi atau hal-hal lain yang dimaksud untuk penghormatan terhadap seseorang.
TWT (Time? What time?) Digunakan ketika penulis tidak mengetahui secara pasti kapan ceritanya mengambil tempat.
Typo, Typographical Eror Kesalahan yang terjadi dalam penulisan termasuk kesalahan pengejaan.



U

UberFic Fanfiction yang sangat panjang, atau sangat populer.
Uke Orang yang berada di bawah dominasi seme dalam hubungan seksual baik yaoi maupun yuri.
UST, URST (Unresolved Sexual Tension) Merujuk pada kurangnya penuntasan dari penegangan seksual antar karakter di Canon.


V

View Intensitas pengunjung melihat suatu fanfiction.
Visitor Jumlah kunjungan ke suatu fanfiction dihitung berdasarkan IP address. Jika pengunjung membuka suatu fanfiction sebanyak 5 kali pada komputer atau akses yang sama, maka akan terhitung: 5 view, 1 visitor. Jika pengunjung membuka suatu fanfiction sebanyak 3 kali pada dua komputer atau akses yang berbeda, masing-masing 2 kali, maka akan terhitung: 6 view, 2 visitor.
Vignette Fanfiction pendek, tidak lebih dari 3000 kata.
Virtual Season Biasanya kerja kolaborasi untuk membuat sebuah seri fanfiction hingga menjadi sebuah season, dari seri yang sedang ditunda pembuatannya, atau sudah tidak diproduksi lagi.


W

WAFF (Warm and Fuzzy Feeling) Fanfiction yang mengandung content yang menghasilkan efek hangat dan melayang.
WB (Writer Block) Merupakan suatu keadaan dimana seorang author tidak dapat menulis karena alasan-alasan tertentu (tidak ada ide, tidak sempat karena sedang sibuk, dsb.)
Whumpage Sebuah fanfiction yang plot ceritanya berfokus pada fisik (atau kadang-kadang emosional) kekerasan yang dilakukan kepada tokoh utama. Whumpage hampir sama dengan Darkfict, hanya saja whumpage berfokus pada ketahanan dan kelangsungan hidup karakter serta penderitaannya.
WIP (Work In Progress) Fanfiction yang di-post sebagian demi sebagian karena masih dalam tahap pengerjaan/belum selesai.


X

XO, X/O Istilah untuk Crossover.


Y

Yaoi Kisah percintaan antara laki-laki dan laki-laki, biasanya hanya untuk orang dewasa. Banyak yang salah mengartikan antara yaoi dan shonen-ai. Yaoi lebih mendeskripsikan mengenai adegan seksual (biasanya eksplisit), sedang shonen-ai lebih berfokus pada kisah percintaannya dan tidak mengandung unsur lemon eksplisit.
Yuri Sama dengan yaoi, hanya saja yuri percintaan antara wanita dan wanita.





Source: Kamus Istilah Perfanfiksian Indonesia (on Facebook)
Reblog from: http://arisa-monalisa.blogspot.com/2014/02/istilah-istilah-dalam-berfanfiksi.html

1 komentar:

  1. Casino Games & Slots - Dr.MD
    Whether 군산 출장안마 you're 경기도 출장안마 looking for the 하남 출장마사지 latest slots, table games, or 부산광역 출장마사지 Vegas-style live dealer casino games, you're sure 울산광역 출장샵 to find your favorite games

    BalasHapus

Next Prev
▲Top▲