Tipe Kepribadian INFP (The Idealist)

| Jumat, 05 Juni 2015


“The Idealists” & “The Healer
Performing noble service to aid society

Idealis, setia kepada prinsip yang mereka genggam serta orang-orang yang penting bagi mereka. Ingin kehidupan yang selaras dengan prinsip yang mereka genggam. Ingin tahu, mudah untuk melihat kemungkinan, bisa menjadi pemicu untuk memulai mewujudkan ide-ide. Berusaha untuk memahami orang lain, dan membantu mereka untuk mencapai potensi mereka. Mudah beradaptasi, fleksibel, dan mudah menerima, kecuali jika itu bertentangan dengan prinsip-prinsip mereka.

INFP (Introversion, Intuition, Feeling, Perception) adalah singkatan yang digunakan untuk menyebut salah satu dari 16 Jenis Kepribadian yang dikategorikan dalam Intrumen Tes Kepribadian MBTI (Myers-Birggs Type Indicator). Dalam Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan INFP kedalam Temperamen Idealist , diperkirakan populasi INFP didunia yakni antara 4–5% dari populasi dunia.

Menurut Keirsey Temperament Sorter, Idealists merupakan jenis pribadi abstrak dan penyayang. Mencari arti dan makna, mereka peduli dengan pertumbuhan pribadi dan menemukan identitas unik mereka sendiri. Kekuatan terbesar mereka adalah diplomasi. Mereka unggul dalam mengklarifikasi, individualistis, pemersatu, dan inspirasi.

I – Introversion: cenderung tenang dan pendiam. Mereka umumnya lebih suka berinteraksi intensif hanya dengan beberapa teman dekat daripada dengan memilih dengan banyak orang, dan mereka mengeluarkan energi dalam situasi sosial, dan memperoleh energi saat menyendiri.
N – Intuition: cenderung lebih abstrak. Mereka fokus pada gambaran besar daripada detail, dan kemungkinan masa depan daripada realitas yang ada.
F – Feeling: cenderung menghargai pertimbangan pribadi dalam mengambil keputusan. Umumnya mereka sering lebih mengutamakan implikasi sosial daripada logika.
P – Perception: Cenderung menahan pendapat dan menunda keputusan, lebih memilih untuk “menjaga pilihan mereka tetap terbuka” sehingga dapat berubah sesuai kondisi.


Gambaran Singkat Kepribadian INFP :

INFP memfokuskan banyak energi mereka pada dunia batin dikuasai oleh perasaan yang sangat kuat dan etika yang dipegang teguh. Mereka mencari kehidupan eksternal yang sesuai dengan nilai-nilai ini. Setia kepada rakyat dan penyebab penting bagi mereka, INFPs dapat dengan cepat melihat peluang untuk melaksanakan cita-cita mereka. Mereka ingin tahu untuk memahami orang di sekitar mereka, dan begitu juga menerima dan fleksibel kecuali ketika nilai-nilai mereka terancam.

INFP menikmati percakapan dalam suasana hati bergaul, humor dan pesona. Dalam sebuah lingkaran orang-orang terdekatnya, INFP menjaga kesejahteraan emosional orang lain, menghibur mereka bila dalam kesulitan. INFP lebih memilih untuk menjadi fleksibel kecuali ketika peraturan mengikatnya. Mereka sering dapat mempengaruhi pendapat orang lain melalui kebijaksanaan, diplomasi, dan kemampuan untuk melihat sisi berbagai masalah.

INFP mengembangkan wawasan melalui refleksi, dan mereka memerlukan banyak waktu sendirian untuk merenungkan dan memproses informasi baru. Sementara mereka dapat cukup bersabar dengan sesuatu yang kompleks, mereka umumnya bosan dengan rutinitas. Meskipun tidak selalu terorganisir, INFP sangat teliti tentang hal-hal yang mereka nilai. Perfeksionis, mereka mungkin memiliki kesulitan dalam menyelesaikan tugas karena tidak dapat memenuhi standar tinggi mereka.

INFP adalah tipe kreatif dan sering memiliki bakat untuk bahasa. Sebagai introvert, mereka mungkin lebih memilih untuk mengekspresikan diri melalui tulisan. Mereka memiliki bakat untuk simbolisme, mereka menikmati metafora dan similes. Mereka terus mencari ide-ide baru dan beradaptasi dengan baik terhadap perubahan. Mereka lebih suka bekerja di lingkungan yang menghargai karunia-karunia dan memungkinkan mereka untuk membuat perbedaan positif di dunia, sesuai keyakinan pribadi mereka.


Ciri-Ciri Umum INFP :

Para INFP umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Sangat memegang prinsip.
  2. Hangat, tertarik pada hubungan dengan orang lain.
  3. Berorientasi pada pelayanan, biasanya menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri.
  4. Loyal dan biasanya mengabdikan diri untuk orang lain.
  5. Berorientasi ke masa depan.
  6. Berorientasi pada pertumbuhan; selalu ingin berkembang ke arah yang positif.
  7. Kreatif dan inspiratif.
  8. Fleksibel dan santai, kecuali prinsip mereka dilanggar.
  9. Sensitif dan kompleks
  10. Tidak suka berurusan dengan rincian dan rutinitas kerja.
  11. Original dan individualistis; “Keluar dari zona mainstream”
  12. Kemampuan komunikasi tertulis yang baik.
  13. Lebih suka bekerja sendiri, dan mungkin memiliki masalah dalam bekerja pada tim.
  14. Menghargai kedalaman dan keautentikan hubungan.
  15. Ingin dilihat dan dihargai karena siapa mereka.


Saran Pengembangan :

  1. Belajarlah menghadapi kritik. Jika baik maka kritik itu bisa membangun Anda, namun jika tidak abaikan saja. Jangan ragu pula untuk bertanya dan minta saran.
  2. Belajarlah untuk bersikap tegas. Jangan selalu berperasaan dan menyenangkan orang dengan tindakan baik. Bertindak baik itu berbeda dengan bertindak benar.
  3. Jangan terlalu menyalahkan diri dan bersikap terlalu keras pada diri sendiri. Kegagalan adalah hal biasa dan semua orang pernah mengalaminya.
  4. Jangan terlalu baik pada orang lain tapi melupakan diri sendiri. Anda juga punya tanggungjawab untuk berbuat baik pada diri sendiri.


Kata Kunci :

  • Pencari makna.
  • Kreatif
  • Orang terampil.
  • Mudah beradaptasi
  • Membujuk dengan lemah lembut.


Tokoh-Tokoh Terkenal Bertipe Kepribadian INFP :
Aldous Huxley, author
Audrey Hepburn, actress
Helen Keller, activist and author
Isabel Myers Briggs, creator of the Myers-Briggs Type Inventory
J. R. R. Tolkien, author
Laura Ingalls Wilder, author
Princess Diana, Princess of Wales
Peter Jackson, filmmaker
William Shakespeare, playwright



Source: dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲