Tanda-tanda Psikopat

| Kamis, 18 Juli 2013
Psikopat salah satu penyakit jiwa yamg membuat seseorang mengabaikan perasaan orang lain dan merugikan orang-orang disekitarnya. Seorang psikopat selalu membuat kamuflase yang rumit, memutar balik fakta, menebar fitnah, dan kebohongan untuk mendapatkan kepuasan dan keuntungan dirinya sendiri.
Berikut adalah tanda-tanda seorang psikopat:
1. Seorang psikopat mungkin memiliki mimpi untuk mengatur dunia.
2. Banyak psikopat yang tidak antisosial, dan mengerti bagaimana berhubungan dengan orang banyak.
3. Beberapa psikopat cenderung menderita sindrom Asberger (autisme), diantaranya tidak takut akan bahaya, susah berinteraksi dengan orang lain, menghindari kontak mata, dsb.
4. Mereka benci orang2 yang lebih lemah dari mereka.
5. Psikopat adalah orang-orang yang pintar dan cerdas.
6. Psikopat adalah orang yang tidak bisa dipercaya dan tidak berpendirian tetap. Mereka bisa saja mengubah rencana mereka pada detik-detik terakhir.
7. Laki-laki lebih cenderung menjadi psikopat dibandingkan perempuan. Menurut penelitian, 1 dari 10 laki-laki adalah psikopat.
8. Psikopat memiliki tatapan mata yang tidak biasa. Tatapan mereka aneh dan menakutkan.
9. Psikopat terlihat berpenampilan menarik, berwibawa, bahkan bijaksana.
10. Psikopat seringkali gagal. Mereka bukanlah orang yang baik dalam mengatur masa depan.
11. Psikopat terlihat seperti anak kecil. Bahkan, mereka terkadang dapat mengompol dimalam hari seperti bayi.
12. Psikopat tidak pernah merasa gelisah, stres, dsb. Mereka tidak merasakan apapun.
13. Mereka bertingkah dan berpakaian seperti orang-orang biasa, sehingga sulit untuk mendeteksi mereka.


Mendiagnosis kecenderungan seseorang menjadi psikopat tidaklah mudah. Diperlukan pendekatan khusus terhadap orang tersebut dan keluarganya, kemudian diperlukan berbagai tes kesehatan otak dan tubuh, dan tes-tes lainnya. Namun, berikut adalah gejala-gejala psikopat dapat digunakan untuk mendiagnosis kecenderungan itu.
1. Sering berbohong, fasih, dan dangkal
2. Egosentris dan menganggap dirinya hebat.
3. Tidak punya rasa sesal dan rasa bersalah. Meski kadang psikopat mengakui perbuatannya namun ia sangat meremehkan atau menyangkal akibat tindakannya dan tidak memiliki alasan untuk peduli.
4. Senang melakukan pelanggaran ketika waktu kecil
5. Sikap acuh tak acuh terhadap masyarakat.
6. Kurang empati. Bagi psikopat memotong kepala ayam dan memotong kepala orang, tidak ada bedanya.
7. Psikopat juga teguh dalam bertindak agresif, menantang nyali dan perkelahian, jam tidur larut dan sering keluar rumah.
8. Impulsif dan sulit mengendalikan diri. Untuk psikopat tidak ada waktu untuk menimbang baik-buruknya tindakan yang akan mereka lakukan dan mereka tidak peduli pada apa yang telah diperbuatnya atau memikirkan tentang masa depan. Pengidap juga mudah terpicu amarahnya akan hal-hal kecil, mudah bereaksi terhadap kekecewaan, kegagalan, kritik, dan mudah menyerang orang hanya karena hal sepele.
9. Tidak mampu bertanggung jawab dan melakukan hal-hal demi kesenangan belaka.
10. Manipulatif dan curang. Psikopat juga sering menunjukkan emosi dramatis walaupun sebenarnya mereka tidak sungguh-sungguh. Mereka juga tidak memiliki tanggapan fisiologis yang secara normal diasosiasikan dengan rasa takut seperti tangan berkeringat, jantung berdebar, mulut kering, tegang, ataupun gemetar. Pengidap psikopat tidak memiliki perasaan tersebut, karena itu psikopat seringkali disebut dengan istilah "dingin".
11. Hidup sebagai parasit karena memanfaatkan orang lain untuk kesenangan dan kepuasan dirinya.
12. Biasanya sangat Cerdas dan mungkin paling cerdasa dari anak2 lain
13. Biasanya Banyak mengetahui sesuatu yg tidak diketahuinya dan marah jika orang lain menyalahkankannya. (Merasa paling benar, dan biasanya anggapanya itu benar)
14. Mengetahui sesuatu yg tidak di ketahui biasanya banyak yang benar dan sangat sedikit sekali yang salah
15. Memiliki perkiraan dengan akurasi yang tinggi ( perkiraanya jarang salah dan kebanyakan adalah benar atau benar semuanya)

Nah, bagaimana? Adakah tanda-tanda yang mirip dengan Anda?

2 komentar:

  1. Psikopat punya keluarga? Real family? :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin saja.. Psikopat adalah orang yang bisa memanipulasi sesuatu/seseorang dan cenderung terorganisir. Berbeda dengan sosiopat yang biasanya lebih berantakan..

      Hapus

Next Prev
▲Top▲