Tipe Kepribadian INTP (The Thinkers)

| Selasa, 07 April 2015

“The Thinkers” & “The Architect”
A love of problem solving

Berusaha membangun penjelasan yang masuk akal untuk segala sesuatu yang menarik bagi mereka. Teoritis dan abstrak, lebih tertarik pada ide-ide daripada interaksi sosial. Tenang, cerdas, fleksibel, dan mudah beradaptasi. Memiliki kemampuan yang tidak biasa untuk fokus dan mendalami pemecahan masalah pada bidang yang menjadi minat mereka. Skeptis, terkadang kritis, dan selalu analitis.

INTP (Introversion, Intuition, Thinking, Perception) adalah singkatan yang digunakan untuk menyebut salah satu dari 16 Jenis Kepribadian yang dikategorikan dalam Intrumen Tes Kepribadian MBTI (Myers-Birggs Type Indicator). Dalam Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan INTP kedalam Temperamen Rational , diperkirakan populasi INTP didunia yakni antara 3–5% dari populasi dunia.

Menurut Keirsey Temperament Sorter, Rationals merupakan jenis pribadi abstrak dan obyektif. Mencari penguasaan dan pengendalian diri, mereka peduli dengan pengetahuan dan kompetensi mereka sendiri. Kekuatan terbesar mereka adalah strategi. Mereka unggul dalam setiap jenis penyelidikan logis seperti teknik, konseptualisasi, berteori, dan koordinasi.

I – Introversion: cenderung tenang dan pendiam. Mereka umumnya lebih suka berinteraksi intensif hanya dengan beberapa teman dekat daripada dengan memilih dengan banyak orang, dan mereka mengeluarkan energi dalam situasi sosial, dan memperoleh energi saat menyendiri.
N – Intuition: cenderung lebih abstrak. Mereka fokus pada gambaran besar daripada detail, dan kemungkinan masa depan daripada realitas yang ada.
T – Thinking: cenderung lebih menilai berdasarkan kriteria obyektif daripada kriteria pribadi. Ketika membuat keputusan, mereka umumnya memberikan bobot yang lebih pada logika daripada pertimbangan sosial.
P – Perception: Cenderung menahan pendapat dan menunda keputusan, lebih memilih untuk “menjaga pilihan mereka tetap terbuka” sehingga dapat berubah sesuai kondisi.


Gambaran Singkat Kepribadian INTP :

INTP yang tenang, bijaksana, individu analitis yang cenderung menghabiskan waktu yang lama untuk sendiri, bekerja melalui sebuah masalah dan kemudian membentuk solusi. Mereka selalu ingin tahu tentang sebuah sistem atau cara kerja. Akibatnya, mereka sering ditemukan dalam karir seperti ilmu pengetahuan, filsafat, hukum, dan arsitektur. INTP cenderung kurang nyaman dalam situasi sosial. Mereka umumnya menolak keras upaya oleh orang lain untuk meyakinkan mereka untuk berubah.

Mereka juga cenderung tidak sabar dengan birokrasi, hirarki kaku, dan politik lazim di banyak profesi. INTP menerima ide-ide berdasarkan prestasi, bukan tradisi atau otoritas. Mereka memiliki sedikit kesabaran untuk kebiasaan sosial yang tampaknya tidak logis atau yang berfungsi sebagai hambatan untuk mengejar ide-ide dan pengetahuan. Hal ini dapat menempatkan mereka pada pertentangan dengan orang yang cenderung tunduk pada otoritas, dan tradisi. INTP lebih suka bekerja secara informal dengan orang lain secara setara.

INTP mengatur pemahaman mereka tentang topik apapun dengan mengartikulasikan prinsip-prinsip, dan tertarik pada konstruk teoritis. Kemampuan mereka untuk memahami kompleksitas dapat menyebabkan mereka dapat memberikan penjelasan sangat rinci hanya dari ide-ide sederhana. Untuk pikiran INTP, mereka menyajikan semua informasi yang relevan atau mencoba untuk mengkristalkan konsep sejelas mungkin.

Mengingat sifat kemandiriannya, INTP mungkin lebih suka bekerja sendirian untuk memimpin atau ikut dalam kelompok. Bila INTP difokuskan pada pengumpulan informasi, mereka mungkin tampak suka menyendiri, atau bahkan memberontak, padahal sebenarnya mereka berkonsentrasi dengan mendengarkan dan memahami. Namun, INTP sering memiliki kecerdasan cepat, terutama dengan bahasa. Mereka mungkin meredakan ketegangan melalui pengamatan lucu. Mereka bisa sangat menawan, bahkan dalam keadaan tenang.

Ketika INTP didorong untuk memahami suatu diskusi dari semua sudut yang relevan. Ketidaksabaran mereka dengan ide-ide, dapat membuat mereka sangat dahsyat dalam debat. Ketika INTP merasa terhina, mereka dapat menanggapi dengan tiba-tiba, langsung memotong pembicaraan.


Ciri-Ciri Umum INTP :

Para INTP umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Mencintai teori dan ide-ide abstrak.
  2. Pencari Kebenaran – mereka ingin memahami segala sesuatu dengan menganalisis prinsip-prinsip dan struktur yang mendasarinya.
  3. Menilai pengetahuan dan kompetensi di atas segalanya.
  4. Memiliki standar yang sangat tinggi tentang kinerja, yang mereka terapkan untuk diri mereka sendiri.
  5. Independen dan orisinil, mungkin eksentrik.
  6. Bekerja sangat baik saat sendiri, dan menghargai nilai otonomi.
  7. Tidak punya keinginan untuk memimpin atau mengikuti.
  8. Tidak menyukai detail biasa.
  9. Tidak terlalu tertarik pada aplikasi praktis dari pekerjaan mereka.
  10. Kreatif dan berwawasan.
  11. Berorientasi masa depan.
  12. Biasanya brilian, dan berbakat.
  13. Percaya bahwa wawasan dan pendapat mereka sendiri di atas orang lain
  14. Kehidupan mereka utamanya di dalam pikiran mereka sendiri, dan mungkin tampak terlepas dan tidak terlibat dengan orang lain.

Saran Pengembangan :
  1. Belajarlah membangun hubungan dengan orang lain. Belajar berempati, mendengar aktif, memberi perhatian dan bertukar pendapat.
  2. Relaks. Jangan terlalu banyak berfikir. Nikmati hidup Anda tanpa harus bertanya mengapa dan bagaimana.
  3. Cobalah menemukan satu ide, merencanakan dan mewujudkannya. Jangan terlalu sering berganti-ganti ide tetapi tidak satupun yang terwujud.


Kata Kunci :
  • Analitis
  • Pemecahan masalah pada tingkat sistem
  • Berpengetahuan teknis dan memiliki keahlian
  • Mudah beradaptasi
  • Desainer konseptual.


Tokoh-Tokoh Terkenal Bertipe Kepribadian INTP :

Albert Einstein, scientist
Charles Darwin, naturalist
William James, psychologist and philosopher
Dwight D. Eisenhower, U.S. President
C. G. Jung, psychiatrist
Socrates, philosopher
Sir Isaac Newton, mathematician, physicist and astronomer
J.K. Rowling, author
Abraham Lincoln, U.S. President



Source: dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲