Tipe Kepribadian ESTJ (The Guardians)

| Senin, 27 April 2015

“The Guardians” & “The Supervisor”
Life’s administrator

Praktis, realistis, berpegang pada fakta. Tegas, dengan cepat mengimplementasikan keputusan. Untuk menyelesaikan sesuatu mereka mampu mengatur pekerjaan, dan orang lain, terfokus untuk mendapatkan hasil dengan cara yang memungkinkan dan paling efisien. Selalu menjaga detail rutinitas. Memiliki standart logika yang jelas, yang secara sistematis menuntun mereka, dan mereka ingin orang-oranglain juga menggunakan standart logika itu. Terkadang memaksa agar rencana mereka dapat terimplementasikan.
ESTJ (Extraversion, Sensing, Thinking, Judging) adalah singkatan yang digunakan untuk menyebut salah satu dari 16 Jenis Kepribadian yang dikategorikan dalam Intrumen Tes Kepribadian MBTI (Myers-Birggs Type Indicator). Dalam Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan ESTJ kedalam Temperamen Guardian , diperkirakan populasi ESTJ didunia yakni antara 8–12% dari populasi dunia.
Menurut Keirsey Temperament Sorter, Guardians merupakan jenis pribadi konkrit dan terorganisir. Mencari keamanan dan rasa memiliki, mereka peduli dengan tugas dan tanggung jawab. Kekuatan terbesar mereka adalah logistik. Mereka unggul dalam pengorganisasian, memfasilitasi, memeriksa, dan mendukung.
ESTJ bersifat praktis, realistis, dan bersandar pada fakta, memiliki dorongan alamiah untuk berbisnis atau memahami mekanisme. Meskipun mereka tidak tertarik pada mata pelajaran yang mereka rasa tidak cukup berguna bagi mereka, mereka dapat menerapkannya sendiri bila diperlukan. Mereka suka untuk mengatur dan menjalankan kegiatan. ESTJ merupakan pengatur yang baik, apalagi jika mereka ingat untuk memperhatikan perasaan dan sudut pandang orang lain, yang mereka sering mengabaikannya.

E – Extraversion: Mereka biasanya merasa termotivasi melalui interaksi dengan orang lain. Mereka cenderung untuk menikmati jaringan perkenalan yang luas, dan mereka mendapatkan energi dalam situasi sosial.
S – Sensing: cenderung lebih menyukai hal konkret daripada abstrak. Mereka memusatkan perhatian mereka pada detail daripada gambaran besar, dan realitas langsung daripada kemungkinan masa depan.
T – Thinking: cenderung lebih menilai berdasarkan kriteria obyektif daripada kriteria pribadi. Ketika membuat keputusan, mereka umumnya memberikan bobot yang lebih pada logika daripada pertimbangan sosial.
J – Judgment: cenderung untuk merencanakan kegiatan mereka dan membuat keputusan di awal. Mereka mengontrol melalui prediktabilitas.


Gambaran Singkat Kepribadian ESTJ :

ESTJ itu praktis, realistis, dan biasa saja, dengan dorongan alamiah untuk bisnis atau mekanik. Meskipun mereka tidak tertarik pada mata pelajaran yang menurut mereka tidak berguna atau diperlukan. Mereka ingin mengatur dan menjalankan semua rencana dalam sebuah kegiatan. ESTJ adalah administrator yang baik
ESTJ adalah orang yang menyenangkan dan tidak ragu untuk berkomunikasi mengutarakan pendapat dan harapan kepada orang lain.
ESTJ hidup dalam dunia fakta dan kebutuhan. Mereka hidup di masa sekarang, dengan mata mereka terus-menerus memindai lingkungan pribadi mereka untuk memastikan bahwa semuanya berjalan lancar dan sistematis. Mereka menghormati tradisi dan hukum, dan memiliki standar dan keyakinan. Mereka mengharapkan hal yang sama pada orang lain, dan tidak memiliki kesabaran pada orang yang tidak menghargai sistem ini. Mereka menghargai kompetensi dan efisiensi, dan ingin melihat hasil yang cepat untuk usaha mereka.
ESTJ memiliki sebuah visi yang jelas. Mereka percaya diri dan agresif. Mereka sangat berbakat menyusun sistem dan rencana, dan bisa melihat apa langkah-langkah yang perlu diambil untuk menyelesaikan tugas tertentu. Mereka kadang-kadang bisa sangat menuntut dan kritis, karena mereka memiliki keyakinan yang dipegang teguh, dan cenderung untuk mengekspresikan diri. ESTJ ini sangat lurus ke depan dan jujur.
Para ESTJ biasanya merupakan contoh dan pilar masyarakat. Dia mengambil komitmen mereka dengan serius, dan mengikuti standar mereka sebagai “warga negara yang baik”. ESTJ menikmati saat berinteraksi dengan orang, dan suka bersenang-senang. ESTJ bisa sangat riuh dan menyenangkan di acara-acara sosial, terutama kegiatan yang difokuskan pada keluarga, masyarakat, atau pekerjaan.
Para ESTJ perlu diperhatikan kecenderungan untuk menjadi terlalu kaku, dan menjadi terlalu berorientasi pada detail. Karena mereka menempatkan banyak berat badan dalam kepercayaan mereka sendiri, penting bahwa mereka ingat untuk menghargai masukan orang lain dan pendapat. Jika mereka mengabaikan sisi Merasa mereka, mereka mungkin memiliki masalah dengan memenuhi kebutuhan lain untuk keintiman, dan tanpa sadar bisa melukai perasaan orang dengan menerapkan logika dan alasan untuk situasi yang menuntut sensitivitas lebih emosional.


Ciri-Ciri Umum ESTJ :

Para ESTJ umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Pemimpin alami – mereka ingin bertanggung jawab.
  2. Menggenggam nilai keamanan dan tradisi.
  3. Ssetia
  4. Pekerja keras dan dapat diandalkan
  5. Biasanya gemar berolahraga dan sehat.
  6. Memiliki aturan standar dan keyakinan yang mereka hidup dengan itu.
  7. Tidak ada kesabaran dengan ketidakmampuan atau ketidakefisienan.
  8. Kemampuan organisasi baik.
  9. Senang menciptakan ketertiban dan struktur.
  10. Sangat teliti
  11. Akan mengikuti sebuah pekerjaan sampai selesai.
  12. Selalu Berterus terang dan jujur.
  13. Selalu terdorong untuk memenuhi tugas mereka.

Saran Pengembangan :


  1. Kurangi keinginan untuk mengontrol dan memaksa orang lain.
  2. Belajarlah untuk mengontrol emosi dan amarah Anda.
  3. Cobalah untuk introspeksi diri dan meluangkan waktu sejenak untuk merenung.
  4. Belajarlah untuk lebih sabar dan low profile
  5. Belajarlah untuk memahami orang lain.


Kata Kunci :

  • Mengatur orang dan tugas.
  • Analitis
  • Pemecah masalah pada tingkat fungsional
  • Mengembangkan dan menjalankan proses dan prosedur.
  • Pengambil keputusan.


Tokoh-Tokoh Terkenal Bertipe Kepribadian ESTJ :

James Monroe, U.S. President
Harry S.Truman, U.S. President
George W. Bush, U.S. President
Sam Walton, businessman
John D. Rockefeller, philanthropist and industrialist
Billy Graham, evangelist
Bette Davis, actress




Source: dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲