Tipe Kepribadian ISTP (The Mechanics)

| Sabtu, 25 April 2015


The Mechanics & The Crafter

Ready to try anything once

Bersikap toleran, dan fleksibel, pengamat yang tenang sampai masalah tampak, kemudian bertindak cepat untuk menemukan solusi yang terbaik. Menganalisis apa yang membuat sesuatu bekerja, dan mampu dengan segera menemukan berbagai data untuk mengisolasi inti dari masalah. Tertarik dengan sebab dan akibat, mengolah fakta menggunakan prinsip masuk akal, dan efisien.
ISTP (Introversion, Sensing, Thinking, Perception) adalah singkatan yang digunakan untuk menyebut salah satu dari 16 Jenis Kepribadian yang dikategorikan dalam Intrumen Tes Kepribadian MBTI (Myers-Birggs Type Indicator). Dalam Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan ISTP kedalam Temperamen Artisan , diperkirakan populasi ISTP didunia yakni antara 4–6% dari populasi dunia.
Menurut Keirsey Temperament Sorter, Artisans merupakan jenis pribadi konkrit dan mudah menyesuaikan diri. Mencari pendorong dan keahlian, mereka peduli untuk membuat pengaruh. Kekuatan terbesar mereka adalah taktik. Mereka unggul dalam pemecahan masalah, kelincahan, dan manipulasi alat, instrumen, dan peralatan.

I – Introversion: cenderung tenang dan pendiam. Mereka umumnya lebih suka berinteraksi intensif hanya dengan beberapa teman dekat daripada dengan memilih dengan banyak orang, dan mereka mengeluarkan energi dalam situasi sosial, dan memperoleh energi saat menyendiri.
S – Sensing: cenderung lebih menyukai hal konkret daripada abstrak. Mereka memusatkan perhatian mereka pada detail daripada gambaran besar, dan realitas langsung daripada kemungkinan masa depan.
T – Thinking: cenderung lebih menilai berdasarkan kriteria obyektif daripada kriteria pribadi. Ketika membuat keputusan, mereka umumnya memberikan bobot yang lebih pada logika daripada pertimbangan sosial.
P – Perception: Cenderung menahan pendapat dan menunda keputusan, lebih memilih untuk “menjaga pilihan mereka tetap terbuka” sehingga dapat berubah sesuai kondisi.


Gambaran Singkat Kepribadian ISTP :

ISTP unggul dalam menganalisis situasi untuk mencapai jantung masalah sehingga mereka cepat dapat menerapkan perbaikan fungsional, membuat mereka ideal untuk bidang teknik. Orang secara alami tenang, mereka tertarik dalam memahami bagaimana sistem beroperasi, dengan fokus pada operasi yang efisien dan struktur. Mereka terbuka terhadap informasi baru dan pendekatan. Tapi bertentangan dengan kodrat mereka yang tampaknya terpisah, ISTP sering mampu bercanda dan memiliki pengamatan mendalam tentang dunia di sekitar mereka. Mereka juga pemberani yang tertarik terhadap hobi yang bergerak cepat atau berisiko.
ISTP kadang-kadang mungkin tampak untuk bertindak tanpa memperhatikan prosedur, arah, protokol, atau bahkan keselamatan mereka sendiri. Pendekatan mereka mungkin tampak serampangan, itu sebenarnya berdasarkan pengetahuan yang dikembangkan dari waktu ke waktu melalui tindakan dan observasi yang tajam. ISTP menikmati swasembada dan bangga dalam mengembangkan solusi mereka sendiri terhadap masalah.
ISTP puas untuk membiarkan orang lain hidup sesuai dengan aturan mereka sendiri. ISTP bertahan tanpa mengeluh tapi jika “wilayah” mereka dirambah, terkikis, atau dilanggar, mereka membela apa yang mereka pandang sebagai hak mereka.
Meskipun mereka introvert , mereka otoriter dalam interaksi dan kuat untuk mempengaruhi orang. Mereka fokus pada menyelesaikan tugas-tugas secara efisien dan terampil.


Ciri-Ciri Umum ISTP :

Para ISTP umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Tertarik pada bagaimana dan mengapa sesuatu daoat bekerja.
  2. Tidak berfungsi dengan baik dalam keteraturan, atau lingkungan yang terstruktur; mereka akan merasa letih atau menjadi sangat bosan.
  3. Terus-menerus mengumpulkan fakta tentang lingkungan mereka, lalu menyimpannya.
  4. Memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menerapkan logika dan alasan dengan banyak fakta yang mereka simpan untuk memecahkan masalah atau menemukan bagaimana segala sesuatu bekerja.
  5. Turun tangan langsung adalah cara belajar terbaik mereka.
  6. Biasanya mampu menguasai teori dan pemikiran abstrak, tapi tidak begitu suka berurusan dengan itu kecuali mereka melihat aplikasi praktisnya.
  7. Berorientasi pada tindakan.
  8. Berfokus pada hidup di masa sekarang, bukan masa depan.
  9. Sangat menyukai keberagaman dan pengalaman baru.
  10. Sangat praktis dan realistis.
  11. Pemecah masalah yang hebat, dapat dengan cepat menemukan solusi untuk berbagai masalah praktis.
  12. Berorientasi pada hasil; mereka ingin melihat hasil yang langsung atas upaya mereka.
  13. Biasanya santai dan sederhana dengan orang lain.
  14. Pengambil resiko, yang tumbuh dengan tindakan.
  15. Independen dan ditentukan – biasanya tidak suka melakukan sendiri.
  16. Biasanya cukup percaya diri.

Saran Pengembangan :


  1. Observasilah kehidupan sosial, apa yang membuat orang marah, cinta, senang, termotivasi & terapkan pada hubungan Anda.
  2. Belajarlah untuk mengenali perasaan Anda dan mengekspresikannya.
  3. Jadilah orang yang lebih terbuka, keluar dari zona nyaman, eksplorasi ide baru, dan berdiskusi dengan orang lain.
  4. Jangan mencari-cari kesalahan orang hanya untuk menyelesaikan masalahnya.
  5. Jangan menyimpan informasi yang harusnya dibagi dan belajarlah mempercayakan tanggungjawab pada orang lain.


Kata Kunci :
  • Analitis
  • Pemecah masalah
  • Berpengetahuan teknis dan berkeahlian.
  • Mudah beradaptasi
  • Berani mengambil risiko.


Tokoh-Tokoh Terkenal Bertipe Kepribadian ISTP :
Tom Cruise, actor
Keith Richards, musician
James Dean, actor
Clint Eastwood, actor
Zachary Taylor, U.S. President
Chuck Yeager, U.S. Air Force officer
Alan Shepherd, astronaut
Amelia Earhart, aviator
Frida Kahlo, artist
Tiger Woods, golfer

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲