Tipe Kepribadian ENTP (The Visionaries)

| Senin, 13 April 2015


“The Visionaries” & “The Inventor"

One exciting challenge after another

Cepat, berbakat, pendorong, siaga, and blak-blakan. Resourceful in solving new and challenging problems. Adept at generating conceptual possibilities and then analyzing them strategically. Good at reading other people. Bored by routine, will seldom do the same thing the same way, apt to turn to one new interest after another.

ENTP (Extraversion, Intuition, Thinking, Perception) adalah singkatan yang digunakan untuk menyebut salah satu dari 16 Jenis Kepribadian yang dikategorikan dalam Intrumen Tes Kepribadian MBTI (Myers-Birggs Type Indicator). Dalam Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan ENTP kedalam Temperamen Rational , diperkirakan populasi ENTP didunia yakni antara 2–5% dari populasi dunia.

Menurut Keirsey Temperament Sorter, Rationals merupakan jenis pribadi abstrak dan obyektif. Mencari penguasaan dan pengendalian diri, mereka peduli dengan pengetahuan dan kompetensi mereka sendiri. Kekuatan terbesar mereka adalah strategi. Mereka unggul dalam setiap jenis penyelidikan logis seperti teknik, konseptualisasi, berteori, dan koordinasi.

 E – Extraversion: Mereka bBiasanya merasa termotivasi melalui interaksi dengan orang lain. Mereka cenderung untuk menikmati jaringan perkenalan yang luas, dan mereka mendapatkan energi dalam situasi sosial.
N – Intuition: cenderung lebih abstrak. Mereka fokus pada gambaran besar daripada detail, dan kemungkinan masa depan daripada realitas yang ada.
T – Thinking: cenderung lebih menilai berdasarkan kriteria obyektif daripada kriteria pribadi. Ketika membuat keputusan, mereka umumnya memberikan bobot yang lebih pada logika daripada pertimbangan sosial.
P – Perception: Cenderung menahan pendapat dan menunda keputusan, lebih memilih untuk “menjaga pilihan mereka tetap terbuka” sehingga dapat berubah sesuai kondisi.


Gambaran Singkat Kepribadian ENTP :

ENTP sering digambarkan sebagai orang yang pintar, komunikatif, antusias, ramah, inovatif, fleksibel, dan setia. ENTP termotivasi oleh keinginan untuk memahami dan memperbaiki dunia mereka. Mereka mungkin memiliki rasa humor yang buruk dan kadang-kadang membuat kesalahpahaman dengan teman, rekan kerja, dan keluarga. ENTP cerdas dan mahir dalam mengarahkan hubungan antara sarana dan tujuan. Dalam lingkungan tim, ENTP yang paling efektif dalam perannya untuk menunjukkan kemampuan mereka, punya tingkat fleksibilitas yang tinggi, dan solusi inovatif untuk masalah. ENTP ini menganggap kalimat “itu tidak dapat dilakukan!” sebagai sebuah tantangan bagi dirinya.

ENTP adalah penemu yang introspektif, pragmatis, informatif, dan ekspresif. Mereka bisa menjadi sangat terampil di bidang teknik fungsional dan penemuan. Meski sangat ingin tahu. Mereka selalu mencari proyek baru, dan mereka memiliki karakter kewirausahaan. Merancang dan meningkatkan mekanisme dan produk adalah tujuan konstan Penemu.

Meskipun penuh dengan ide, ENTP tertarik pada pembuatan produk. Misalnya, mereka melihat desain produk sebagai sarana untuk mencapai tujuan, tujuan menjadi prototipe berharga. Ketika mulai sebuah proyek, mereka jarang mulai dengan blue print. Sebaliknya mereka dengan percaya diri dengan kemampuan mereka untuk langsung menemukan solusi yang efektif dan pragmatis selama proses desain.

ENTP cenderung santai, tidak menghakimi, dan pembicara yang baik. Mereka sangat siap menjelaskan ide mereka sendiri, dan selalu ingin memahami ide-ide kompleks orang lain. Dalam perdebatan dengan argumen mereka, sering lawan mereka kalah. Strategi ini dapat menjadi bumerang, bagaimanapun, mereka dapat menjadi agresif.

ENTP biasanya orang cerdik yang mampu memenuhi tuntutan dari situasi yang menantang. Dalam pekerjaan, mereka cenderung menjadi pemimpin yang baik. Terus mencari cara baru untuk melakukan sesuatu, ENTP biasanya memiliki dorongan dan keterampilan sosial untuk melaksanakan ide-ide mereka.


Ciri-Ciri Umum ENTP :

Para ENTP umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Berorientasi pada proyek.
  2. Merasa senang ketika membuat ide dan teori.
  3. Kreatif dan berbakat.
  4. Cerdas dan mampu.
  5. Fleksibel dan multi talent.
  6. Keterampilan komunikasi yang baik.
  7. Senang memperdebatkan suatu masalah dengan orang lain.
  8. Seorang yang memiliki keterampilan yang baik.
  9. Pemimpin alami, tapi tidak suka mengontrol orang lain.
  10. Menolak untuk dikendalikan oleh orang lain.
  11. Bersemangat dan energik; mampu memotivasi orang lain.
  12. Sangat menghargai Pengetahuan dan kompetensi.
  13. Logis, pemikir rasional.
  14. Mampu memahami konsep-konsep yang sulit dan teori.
  15. Senang memecahkan masalah yang sulit.
  16. Tidak suka dibatasi jadwal dan lingkungan.
  17. Tidak menukai rutinitas, tugas-tugas terperinci.


Saran Pengembangan :


  1. Cobalah untuk win-win solution. Jangan ingin menang sendiri.
  2. Belajarlah untuk disiplin dan konsisten.
  3. Hindari perdebatan tidak penting.
  4. Belajarlah untuk sedikit waspada. Seimbangkan cara pandang Anda agar tidak terlalu optimis dan mengambil resiko yang tidak realistis.
  5. Belajarlah untuk memberi perhatian pada perasaan orang lain.


Kata Kunci :
  • Kreatif
  • Pemecah masalah di tingkat sistem
  • Aanalitis
  • Memahami perihal teknis
  • Wirausahawan.


Tokoh-Tokoh Terkenal Bertipe Kepribadian ENTP :

Thomas Edison, inventor
John Adams, U.S. president
Theodore Roosevelt, U.S. president
Alexander the Great, king and military leader
Lewis Carroll, author
Julia Child, cook
Alfred Hitchcock, director
Walt Disney, filmmaker



Source: dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲