PETUNJUK SINGKAT PROGRAM BIDIKMISI 2013

| Sabtu, 12 Januari 2013
Postingan ini di buat untuk membantu teman-teman yang akan lulus di tahun 2013 maupun teman-teman yang telah lulus di tahun 2012 yang ingin mencari info tentang bidik misi.

DEFINISI

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan pada mahasiswa baru yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Proses perekrutan Bidikmisi dimulai sebelum pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri. SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI YANG DIFASILITASI

1. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

3. Seleksi lokal (mandiri) masuk Perguruan Tinggi Negeri (difasilitasi 1 Perguruan Tinggi) PEMBIAYAAN

Bidikmisi memberikan fasilitas kepada penerima program ini sebagai berikut

1. Bantuan biaya hidup sesedikitnya sebesar Rp600.000 rupiah per bulan yang diberikan pada penerima langsung

2. Bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan sebesar besarnya Rp400.000 rupiah per bulan yang dikelola oleh perguruan tinggi untuk membebaskan biaya pendidikan.

3. Biaya kedatangan pertama (resettlement) yang diberikan 1 kali pada semester 1.

Bantuan biaya hidup diberikan setiap bulan atau maksimal 3 bulan didepan kepada penerima dengan teknis yang diatur masing masing perguruan tinggi negeri.



PERSYARATAN

Persyatan pendaftaran program Bidikmisi 2013 adalah sebagai berikut

1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2013;

2. Lulusan tahun 2012 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing PTN;

3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;

4. Kurang mampu secara ekonomi sebagai berikut:

a. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 setiap bulan;

b. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp600.000,00 setiap bulannya; dan

c. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.

5. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s.d. 4, serta mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (minimal ketua organisasi siswa sekolah/OSIS);

6. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 5 dan 6 dinyatakan dengan rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id PROSEDUR PENDAFTARAN



Prosedur pendaftaran program Bidikmisi 2013 adalah sebagaimana dijelaskan sebagai berikut PENDAFTARAN BIDIKMISI

Tahapan pendaftaran program Bidikmisi adalah sebagai berikut

1. Sekolah melakukan pendaftaran pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/daftar dan ikuti petunjuk pendaftaran yang tertera

2. Sekolah akan mendapatkan kode akses yang akan diverifikasi paling lama 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.

3. Sekolah menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang sudah diverifikasi pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/login

4. Sekolah mengisi data yang dibutuhkan mulai data unas, prestasi murid dalam sekolah, daftar siswa yang akan lulus 2013 dan sudah lulus 2012 dan merekomendasikan yang memenuhi persyaratan program Bidikmisi

5. Siswa mendaftar bidikmisi melalui http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/siswa/login dan mengisi data sesuai petunjuk di dalam sistem pendaftaran

6. Siswa yang sudah sampai pada tahapan memilih seleksi akan mendapatkan PIN yang jika diminta dapat digunakan pada laman pendaftaran seleksi masuk



Persiapan dokumen yang harus disiapkan oleh masing masing pendaftar program Bidikmisi

1. Kartu dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang bisa dicetak seusai ujian nasional di sistem pendaftaran Bidikmisi

2. Surat keterangan miskin dari desa/kelurahan setempat, dalam hal tidak memiliki akses terhadap desa/kelurahan bisa diganti dengan surat keterangan dari rt/rw/tokoh masyarakat.

3. Surat keterangan gaji (khusus pegawai negeri/swasta) atau surat pernyataan dari orang tua (khusus pegawai informal/wiraswasta) yang mencantumkan rata rata pendapatan selama 6 bulan terakhir dari ayah dan ibu.

4. Fotokopi tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, bukti pembayaran PBB bila ada untuk 3 bulan terakhir. Dalam hal listrik, air dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.

5. Bukti bukti prestasi yang dicantumkan dalam bentuk sertifikat / foto piala yang mencantumkan nama dan diperkuat dengan surat keterangan dari sekolah.

6. Surat keterangan / dokumen / ijasah dari kepada sekolah tentang kelulusan jenjang pendidikan sebelumnya.

7. Fotokopi raport / laporan hasil studi dari semester 1

Semua dokumen tidak perlu dikirimkan ke PT yang dilamar, hanya perlu dibawa pada saat pendaftaran ulang mahasiswa. Hal ini berlaku kecuali ditentukan lain oleh PT Terkait.



PENDAFTARAN SELEKSI MASUK

Seusai mendaftar Bidikmisi, peminat harus mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi. Diantaranya SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Lokal (Mandiri)

Pendaftar Bidikmisi agar mengikuti ketentuan dan prosedur yang ditetapkan oleh masing masing seleksi tersebut. MENGIKUTI SELEKSI MASUK

Peserta yang sudah terdaftar akan diseleksi sesuai dengan ketentuan masing masing seleksi masuk, dan jika lulus seleksi masuk, dapat melakukan daftar ulang dengan ketentuan panitia seleksi masuk dan Bidikmisi PENDAFTARAN ULANG PROGRAM BIDIKMISI

Peserta yang lulus seleksi masuk (SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri) agar membawa dokumen yang disyaratkan panitia seleksi masuk dan program Bidikmisi.



YANG PERLU DIKETAHUI DALAM PROGRAM BIDIKMISI

Berikut ini hal hal yang perlu anda ketahui tentang program Bidikmisi

1. Pendaftaran program Bidikmisi bebas biaya, baik biaya daftar, biaya seleksi dan biaya biaya lainnya. Anda wajib melaporkan pihak yang masih memungut biaya dalam program ini ke bidikmisi@dikti.go.id untuk kami tindak tegas

2. Bidikmisi membebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri

3. Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, bukan seleksi masuk sehingga peserta harus lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri untuk mendapat program Bidikmisi

4. Sekolah wajib memfasiltiasi rekomendasi program Bidikmisi, jika ada sekolah yang tidak memfasilitasi bisa dilaporkan ke bidikmisi@dikti.go.id untuk kami koordinasikan.

5. Kecurangan dalam hal rekomendasi, seleksi dan verifikasi bidikmisi akan secara langsung merugikan pendaftar lainnya. Jika dijumpai hal hal seperti yang sudah disebutkan agar melaporkan ke bidikmisi@dikti.go.id



Kami dapat dihubungi melalui media resmi sebagai berikut

1. email melalui bidikmisi@dikti.go.id

2. facebook melalui http://facebook.com/program.bidik.misi

3. twitter melalui http://twitter.com/bidikmisi

4. helpdesk melalui http://bidikmisi.dikti.go.id/bantuan

5. Chat resmi melalui laman website http://bidikmisi.dikti.go.id



Pendaftaran Bidikmisi tahun 2013 rencananya akan diselenggarakan dengan jadwal sebagai berikut



1. Pendaftaran sekolah mulai 12 Desember 2012 s/d Agustus 2013

2. Pendaftaran untuk siswa mulai 1 Januari 2013 s/d 6 Maret 2013

3. Pendaftaran untuk setiap jenis seleksi menunggu ketentuan masing masing seleksi

Sumber: http://bidikmisi.dikti.go.id/portal/?p=84

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲