Tipe Kepribadian ESTP (The Doers)

| Selasa, 19 Mei 2015



 “The Doers” & “The Promoter
The ultimate realistis

Fleksibel dan Toleran, mereka mengambil pendekatan praktis yang berfokus pada hasil yang langsung. Teori dan penjelasan konseptual membosankan bagi mereka – mereka biasanya bertindak energik untuk memecahkan masalah. Berfokus pada dimana mereka saat ini, dan sekarang, bersifat sponta, menikmati saat-saat dimana mereka bisa aktif berinteraksi dengan orang lain. Menikmati kenyamanan material dan gaya. Mereka belajar sangat baik belajar dengan melakukan sesuatu.
ESTP (Extraversion, Sensing, Thinking, Perception) adalah singkatan yang digunakan untuk menyebut salah satu dari 16 Jenis Kepribadian yang dikategorikan dalam Intrumen Tes Kepribadian MBTI (Myers-Birggs Type Indicator). Dalam Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan ESTP kedalam Temperamen Artisan , diperkirakan populasi ESTP didunia yakni antara 4–5% dari populasi dunia.

Menurut Keirsey Temperament Sorter, Artisans merupakan jenis pribadi konkrit dan mudah menyesuaikan diri. Mencari pendorong dan keahlian, mereka peduli untuk membuat pengaruh. Kekuatan terbesar mereka adalah taktik. Mereka unggul dalam pemecahan masalah, kelincahan, dan manipulasi alat, instrumen, dan peralatan.

Menurut Myers-Briggs, ESTP adalah pembelajar dengan praktik yang menjalani kehidupan di saat sekarang, mencari yang terbaik dalam hidup, ingin berbagi dengan teman-teman mereka. ESTP ini terbuka dengan situasi, mampu berimprovisasi untuk menghasilkan apa yang diinginkan. Mereka adalah orang-orang aktif yang ingin memecahkan masalah mereka bukan hanya mendiskusikannya.

E – Extraversion: Mereka bBiasanya merasa termotivasi melalui interaksi dengan orang lain. Mereka cenderung untuk menikmati jaringan perkenalan yang luas, dan mereka mendapatkan energi dalam situasi sosial.
S – Sensing: cenderung lebih menyukai hal konkret daripada abstrak. Mereka memusatkan perhatian mereka pada detail daripada gambaran besar, dan realitas langsung daripada kemungkinan masa depan.
T – Thinking: cenderung lebih menilai berdasarkan kriteria obyektif daripada kriteria pribadi. Ketika membuat keputusan, mereka umumnya memberikan bobot yang lebih pada logika daripada pertimbangan sosial.
P – Perception: Cenderung menahan pendapat dan menunda keputusan, lebih memilih untuk “menjaga pilihan mereka tetap terbuka” sehingga dapat berubah sesuai kondisi.


Gambaran Singkat Kepribadian ESTP :

ESTP adalah orang memikirkan apa yang terjadi saat ini, mencari yang terbaik dalam hidup, ingin berbagi dengan teman-teman mereka. ESTP ini terbuka untuk dalam berbagai situasi, dapat berimprovisasi untuk mewujudkan hasil yang diinginkan. Mereka adalah orang yang aktif yang ingin memecahkan masalah mereka bukan hanya mendiskusikannya.

ESTP adalah yang paling mahir mempengaruhi orang lain. Mempromosikan adalah seni baginya. Mereka adalah seorang yang penuh aksi. ESTP tahu semua orang yang penting dan segala sesuatu yang perlu dilakukan karena mereka sangat pandai, selalu mengetahui di mana kegembiraan dan tindakan. Mereka suka memanjakan diri dalam hal-hal yang lebih baik dalam hidup dan untuk membawa orang lain bersama mereka. Tujuan mereka dalam hidup adalah untuk menjual diri dan ide-ide mereka kepada orang lain. Mereka mudah mendapatkan kepercayaan orang lain.

ESTP adalah orang yang antusias dan bersemangat, Mereka bersedia untuk terjun langsung ke hal-hal yang dapat membuat tangan mereka kotor. Mereka memikirkan saat ini, disini dan sekarang. Mereka melihat fakta-fakta dari situasi, dengan cepat memutuskan apa yang harus dilakukan, melaksanakan tindakan, dan beralih ke hal berikutnya.

ESTPs memiliki kemampuan luar biasa untuk melihat sikap masyarakat dan motivasinya. Mereka menangkap isyarat kecil, seperti ekspresi wajah dan sikap. ESTP menggunakan kemampuan mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dari sebuah situasi. Jika ESTP telah memutuskan bahwa sesuatu perlu dilakukan, maka mereka “melakukannya dan langsung saja”tidak terlalu memusingkan aturan. Namun, ESTP cenderung memiliki keyakinan sendiri yang kuat tentang apa yang benar dan apa yang salah, ketabahan akan menempel pada prinsip mereka.

ESTP memiliki bakat yang kuat untuk drama dan gaya. Mereka bergerak cepat, cepat berbicara pada orang yang memiliki penghargaan terhadap hal-hal indah dalam hidup. Mereka mungkin lebih boros. Mereka biasanya sangat baik menceritakan cerita dan melakukan improvisasi. Mereka biasanya membuat hal-hal semau mereka, bukan tunduk pada rencana.

Mereka suka bersenang-senang, dan menjadi orang yang menyenangkan. Mereka kadang-kadang bisa menyakiti orang lain tanpa menyadarinya, karena mereka umumnya tidak tahu dan mungkin tidak peduli tentang efek kata-kata mereka terhadap orang lain. Bukan karena mereka tidak peduli tentang orang-orang, itu karena mereka tidak terlalu memusingkan perasaan orang. Mereka membuat keputusan berdasarkan fakta dan logika.


Ciri-Ciri Umum ESTP :

Para ESTP umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Berorientasi pada tindakan.
  2. Hidup pada saat ini.
  3. Tidak menyukai teori abstrak tanpa aplikasi praktis.
  4. Ingin melihat hasil yang langsung atas tindakan mereka.
  5. Serba cepat dan energik
  6. Fleksibel dan mudah beradaptasi.
  7. Banyak akal
  8. Jarang bekerja dengan perencanaan – melakukan sesuatu sesuai keadaan.
  9. Menyenangkan berada di sekitar mereka.
  10. Sangat jeli.
  11. Memori yang sangat baik untuk rincian.
  12. Seorang yang berketerampilan baik.
  13. Bersifat baik hati.
  14. Kemampuan yang sangat baik untuk melihat masalah dengan segera, dan cepat dalam menemukan solusi.
  15. Tertarik dengan petualangan dan risiko.
  16. Biasanya mencolok atau mengesankan.


Saran Pengembangan :
  1. Belajarlah memahami perasaan dan pemikiran orang lain terutama saat bicara dengan mereka.
  2. Belajarlah untuk sabar, menikmati proses, tidak semua hal bisa dicapai dengan cepat.
  3. Sesekali luangkan waktu untuk merenung dan merencanakan masa depan Anda.
  4. Cobalah untuk mencatat pengamatan-pengamatan Anda termasuk detailnya.


Kata Kunci :
  • Wirausahawan
  • Mampu mengelola kondisi krisis
  • Mahir dalam penjualan dan promosi
  • Mudah beradaptasi
  • Pengambil risiko.


Tokoh-Tokoh Terkenal Bertipe Kepribadian ESTP :
James Buchanan, U.S. President
Madonna, singer
Chuck Yeager, U.S. Air Force General and pilot
Donald Trump, businessman
Lucille Ball, actress



Source: dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲