Tipe Kepribadian ENFJ (The Givers)

| Rabu, 20 Mei 2015


“The Givers”  & “The Teacher”
Smooth talking persuader

Bersifat hangat, berempati, pendengar yang baik, dan bertanggung jawab. Sangat menyesuaikan diri dengan emosi, kebutuhan, dan motivasi dari orang lain. Mereka melihat potensi pada setiap orang, dan ingin membantu mereka untuk mencapai potensi mereka. Dapat bertindak sebagai pendorong untuk pertumbuhan individu dan kelompok. Loyal, mau mendengarkan pujian ataupun kritik. Suka bergaul, memudahkan orang lain dalam kelompok mereka, dan menghadirkan kepemimpinan yang bersemangat.

ENFJ (Extraversion, Intuition, Feeling, Judging) adalah singkatan yang digunakan untuk menyebut salah satu dari 16 Jenis Kepribadian yang dikategorikan dalam Intrumen Tes Kepribadian MBTI (Myers-Birggs Type Indicator). Dalam Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan ENFJ kedalam Temperamen Idealist , diperkirakan populasi ENFJ didunia yakni antara 2–5% dari populasi dunia.

Menurut Keirsey Temperament Sorter, Idealists merupakan jenis pribadi abstrak dan penyayang. Mencari arti dan makna, mereka peduli dengan pertumbuhan pribadi dan menemukan identitas unik mereka sendiri. Kekuatan terbesar mereka adalah diplomasi. Mereka unggul dalam mengklarifikasi, individualistis, pemersatu, dan inspirasi.

E – Extraversion: Mereka bBiasanya merasa termotivasi melalui interaksi dengan orang lain. Mereka cenderung untuk menikmati jaringan perkenalan yang luas, dan mereka mendapatkan energi dalam situasi sosial.
N – Intuition: cenderung lebih abstrak. Mereka fokus pada gambaran besar daripada detail, dan kemungkinan masa depan daripada realitas yang ada.
F – Feeling: cenderung menghargai pertimbangan pribadi dalam mengambil keputusan. Umumnya mereka sering lebih mengutamakan implikasi sosial daripada logika.
J – Judgment: cenderung untuk merencanakan kegiatan mereka dan membuat keputusan di awal. Mereka mengontrol melalui prediktabilitas.


Gambaran Singkat Kepribadian ENFJ :

Mereka suka mencari kesinambungan melalui hubungan yang harmonis dan nilai-nilai kolektif. Mereka unggul dalam memilah suatu situasi dan bertindak sesuai dengan situasi, memberikan kehangatan dalam sebuah peraturan atau mengubah asam menjadi manis. Mereka secara alami mencari tahu apa yang orang lakukan, apa yang mereka nikmati, dan di mana dan bagaimana mereka bekerja. ENFJ tampaknya memiliki banyak kenalan yang tidak terbatas dan selalu memberikan perhatian pada orang yang membutuhkan. ENFJ.

ENFJ fokus pada orang lain, merasa menjadi cahaya ketika orang di sekitar mereka bahagia, dan terganggu ketika ada sesuatu yang salah. Mereka adalah pemandu sorak, sering menyatakan dukungan, syukur, dan dorongan, dan memberikan pujian ke orang yang mereka hargai. Mereka mencatat apa yang sedang dilakukan dan apa yang perlu dilakukan, menawarkan bantuan mereka di mana pun diperlukan.

ENFJ menikmati kegiatan kelompok, mengatur dan cenderung untuk mengambil komitmen anggotanya secara serius. Secara umum, mereka bisa diandalkan dan tidak ingin mengecewakan orang lain. Sebagai pemain tim dan pemimpin proyek, mereka fokus pada apa yang akan dilakukan dan kekuatan masing-masing anggota. ENFJ adalah orang yang setia dan mereka mengharapkan loyalitas. Mereka melakukan percakapan dengan baik, menemukan kesamaan dengan speaker mereka. Mereka cenderung untuk menemukan cara yang tepat untuk merespon dalam situasi tertentu, tidak peduli seberapa tegang atau tidak nyaman situasi itu.

ENFJ termasuk orang yang menegakkan berbagai nilai, hanya nilai-nilai yang dibuat secara bersama-sama adalah cara menciptakan harmoni. ENFJ cenderung untuk mengadopsi nilai-nilai kolektif dari kelompok sosial mereka.


Ciri-Ciri Umum ENFJ :
Para ENFJ umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Benar-benar hangat dan tertarik pada orang lain.
  2. Memegang nilai-nilai tentang perasaan orang lain.
  3. Memegang nilai-nilai Struktur dan organisasi.
  4. Memegang nilai-nilai harmoni, dan baik dalam menciptakan hal itu.
  5. Memiliki keterampilan yang sangat baik
  6. Tidak menyukai logika impersonal dan analisis.
  7. Kemampuan organisasi yang kuat.
  8. Loyal dan jujur.
  9. Kreatif dan imajinatif.
  10. Menyukai variasi dan tantangan baru.
  11. Mendapatkan kepuasan pribadi dengan membantu orang lain.
  12. Sangat sensitif terhadap kritik dan perpecahan.
  13. Membutuhkan persetujuan dari orang lain untuk merasa baik tentang diri mereka sendiri.


Saran Pengembangan :
  1. Jangan mengorbankan diri hanya untuk menyenangkan orang lain.
  2. Jangan mengukur harga diri Anda dari perlakuan orang lain. Jangan mudah kecewa jika mereka tidak seperti yang Anda inginkan.
  3. Belajarlah untuk tegas dan mengambil keputusan. Menghadapi kritik dan konflik.
  4. Jangan terlalu bersikap keras terhadap diri sendiri.

Kata Kunci :
  • Terorganisir
  • Mengembangkan sumber daya manusia
  • Pembangun kesekapatan
  • Orang yang terampil
  • Energik
  • Antusias


Tokoh-Tokoh Terkenal Bertipe Kepribadian ENFJ
Abraham Lincoln, U.S. president
Sean Connery, actor
Dennis Hopper, actor
Diane Sawyer, journalist
Johnny Depp, actor
Oprah Winfrey, TV personality
Abraham Maslow, psychologist
Ronald Reagan, U.S. president
Peyton Manning, football player
Barack Obama, U.S. president



Source: dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲